Kembang sungsang dinang kunang Kotak kurawis wayang Lindu nira bumi bengkah Adam adam babu hawa Siskang danur wilis Ingkang ngagelaraken cahya nur cahya Anwas anwar ngagelaraken Malih kang danur citra Nurcahya nursari nurjati Dangiang wayang wayanganipun Semar sana ya danar guling Basa sem pangangken-angken Mareng ngemaraken Dat Kang Maha Tunggal Wayang agung wineja wayang tunggal Wayang tunggal

Senin, 23 Mei 2016

SASAKALA 1

Sebelum moksa, Prabu Siliwangi sempat meninggalkan pesan atau amanah yang kemudian disebut Wangsit Siliwangi. Isi Wangsit Siliwangi mengandung pelajaran tinggi, karena di dalamnya tergambar jelas situasi atau kondisi sosial yang melatarbelakangi masa pemerintahan beliau. Di ujung wangsit tersebut, terjadilah peristiwa menghilangnya Kerajaan Pajajaran.
Persis seperti yang disebutkan dalam Wangsit Siliwangi, ada banyak orang yang kemudian berusaha membongkar misteri Pajajaran. Tetapi yang terjadi, mereka yang susah payah menggali ternyata hanyalah orang-orang yang sombong dan takabur.
Berikut adalah isi Wangsit Siliwangi, beserta terjemahannya.

”Ti mimiti poé ieu, Pajajaran leungit ti alam hirup. Leungit dayeuhna, leungit nagarana. Pajajaran moal ninggalkeun tapak, jaba ti ngaran pikeun nu mapay. Sabab bukti anu kari, bakal réa nu malungkir! Tapi engké jaga bakal aya nu nyoba-nyoba, supaya anu laleungit kapanggih deui. Nya bisa, ngan mapayna kudu maké amparan. Tapi anu marapayna loba nu arieu-aing pang pinterna. Mudu arédan heula.”
Artinya:
“Semenjak hari ini, Pajajaran hilang dari alam nyata. Hilang kotanya, hilang negaranya. Pajajaran tidak akan meninggalkan jejak, selain nama untuk mereka yang berusaha menelusuri. Sebab bukti yang ada akan banyak yang menolak! tapi suatu saat akan ada yang mencoba, supaya yang hilang bisa ditemukan kembali. Bisa saja, hanya menelusurinya harus memakai dasar. Tapi yang menelusurinya banyak yang sok pintar dan sombong. Dan bahkan berlebihan kalau bicara.”

Dalam naskah ini dikatakan bahwa misteri Pajajaran akhirnya dapat diungkap oleh sosok yang disebut Budak Angon (anak gembala). Budak Angon dikatakan berperangai baik oleh Prabu Siliwangi.

”Sakabéh turunan dia ku ngaing bakal dilanglang. Tapi, ngan di waktu anu perelu. Ngaing bakal datang deui, nulungan nu barutuh, mantuan anu sarusah, tapi ngan nu hadé laku-lampahna. Mun ngaing datang moal kadeuleu; mun ngaing nyarita moal kadéngé. Mémang ngaing bakal datang. Tapi ngan ka nu rancagé haténa, ka nu weruh di semu anu saéstu, anu ngarti kana wangi anu sajati jeung nu surti lantip pikirna, nu hadé laku lampahna. Mun ngaing datang; teu ngarupa teu nyawara, tapi méré céré ku wawangi.”
Artinya:
”Semua keturunan kalian akan aku kunjungi, tapi hanya pada waktu tertentu dan saat diperlukan. Aku akan datang lagi, menolong yang perlu, membantu yang susah, tapi hanya mereka yang bagus perangainya. Apabila aku datang takkan terlihat; apabila aku berbicara takkan terdengar. Memang aku akan datang tapi hanya untuk mereka yang baik hatinya, mereka yang mengerti dan satu tujuan, yang mengerti tentang harum sejati juga mempunyai jalan pikiran yang lurus dan bagus tingkah lakunya. Ketika aku datang, tidak berupa dan bersuara tapi memberi ciri dengan wewangian.”

Adapun mengenai Budak Angon, dituliskan lebih lanjut sebagai berikut:
”Aya nu wani ngoréhan terus terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan bari ngalawan, ngalawan sabari seuri. Nyaéta budak angon; imahna di birit leuwi, pantona batu satangtungeun, kahieuman ku handeuleum, karimbunan ku hanjuang. Ari ngangonna? Lain kebo lain embé, lain méong lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon ngorehan, ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu kabuka jeung raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba lalakon, anggeus nyorang: undur jaman datang jaman, saban jaman mawa lalakon. Lilana saban jaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung nitis, laju nitis dipinda sukma.”
Artinya:
”Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan larangan, mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa. Dialah Anak Gembala; Rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi batu, tertutupi pohon handeuleum dan hanjuang. Apa yang dia gembalakan? bukan kerbau bukan domba, bukan pula harimau ataupun banteng, tetapi ranting daun kering dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia temui, tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai jaman yang satu datang lagi satu jaman yang jadi sejarah/kejadian baru, setiap jaman membuat sejarah. Setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi.”

Dari bait tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa Budak Angon merupakan sosok yang tersembunyi dan misterius. Ia tidak bertingkah seperti anak gembala pada umumnya. Ia mencari hakekat, mencari jawaban dan kebenaran serta mengumpulkan apa yang bagi orang lain sudah tidak berguna (ranting, daun kering, tunggak pohon).
Maknanya, Budak Angon menelusuri sejarah, asal usul dan sebab musabab, termasuk karya-karya warisan leluhur. Sesuatu yang oleh kemajuan jaman dianggap sudah kuno, usang atau bahkan tidak bermanfaat.
Wangsit Siliwangi juga menyinggung tentang munculnya sosok pemimpin dengan ciri-ciri sebagai berikut:

”Laju ngadeg deui raja, asalna jalma biasa. Tapi mémang titisan raja. Titisan raja baheula jeung biangna hiji putri pulo Dewata. Da puguh titisan raja; raja anyar hésé apes ku rogahala!”
Artinya:
”Lalu berdiri lagi penguasa yang berasal dari orang biasa. Tapi memang keturunan raja dahulu kala dan ibunya adalah seorang putri Pulau Dewata. Karena jelas keturunan raja; penguasa baru susah dianiaya!”

Konon, sosok pemimpin yang dimaksud Prabu Siliwangi adalah Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia. Ibunya adalah Ida Ayu Nyoman Rai, seorang putri bangsawan Bali. Sedangkan ayahnya adalah seorang guru bernama Raden Soekeni Sosrodihardjo. Akan tetapi, penelusuran spiritual menunjukkan bahwa ayah Presiden Soekarno yang sesungguhnya adalah Kanjeng Susuhunan Pakubuwono X. Presiden Soekarno memiliki nama kecil Raden Mas Malikul Koesno. Beliau termasuk ‘anak ciritan’ dalam lingkup dalam keraton Solo. Pada masa kepemimpinannya, terjadi banyak sekali upaya pembunuhan terhadap beliau. Namun selalu saja, ia terselamatkan.
Selanjutnya Prabu Siliwangi menggambarkan pergantian masa yang semakin maju. Semakin banyak penguasa yang buta tuli, memerintah sambil menyembah berhala. Pemimpin tidak mau mengerti penderitaan rakyat, segalanya mengandalkan logika tanpa hati. Sehingga orang-orang pintar pada akhirnya hanya berakhir menjadi orang yang pintar omong saja.
http://www.ajianmacanputih.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar