Sabtu, 25 Juni 2016

10 Kunci Sukses Mempertahankan Bisnis Sepanjang Masa

Mempertahankan jauh lebih sulit daripada meraihnya, kalimat itulah yang harus dipertimbangkan oleh seorang pebisnis untuk bisa tetap menjalankan bisnisnya.
Seperti halnya kata pepatah yang menyebutkan bahwa semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang angin yang berhembus, maka bisnis bidang apapun yang sedang berjalan pasti akan membutuhkan usaha lebih untuk mempertahankannya. Semua pebisnis di dunia pun sepakat bahwa sekarang ini dunia bisnis sudah banyak mengalami perubahan besar. Hal itu ditunjukkan oleh kondisi ekonomi yang semakin tidak pasti setiap saat. Paling tidak, banyak pengusaha yang kesulitan mendapatkan konsumen agar bisa meningkatkan pendapatannya. Disisi lain, saat ini pengusaha semakin dimudahkan dengan berbagai macam kemajuan di bidang teknologi. Bukan hanya konsumen yang terhubung langsung dengan pebisnis, tetapi antar konsumen yang satu dan yang lainnya pun juga terhubung dengan baik sehingga bisa saling mendukung. Tapi, tidak sedikit pula pengusaha yang masih kesulitan untuk bisa mempertahankan bisnis yang sudah dirintis, bahkan setelah sekian tahun lamanya. Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha maka Anda pun harus memiliki daya tahan dalam berbisnis agar tetap dapat fokus dan tahu bagaimana arah tujuan bisnis Anda kedepan nantinya.

Seorang pegusaha harus memiliki mimpi yang besar

Untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang besar maka Anda pun juga harus memiliki sebuah mimpi yang besar pula. Hal ini dikarenakan, tanpa sebuah mimpi yang besar maka seorang pengusaha akan merasa cepat puas dengan apa yang telah dicapainya. Hal tersebut pun akan lebih mudah membuat seorang pengusaha untuk membuat suatu capaian yang lebih besar lagi. Akibatnya, bisnis yang sedang dijalankan pun akan mengalami stagnan dan tidak bisa berkembang lagi. Dan, hanya dalam waktu singkat, bisa dipastikan bisnis Anda akan mengalami gulung tikar.

Belajarlah dari orang yang sudah sukses

Saat menjalankan bisnis, Anda tentu butuh sebuah ide atau masukan untuk tetap bisa menjalankan bisnis dengan baik. Oleh karena itu, dengan belajar dari orang-orang yang sukses dalam berbisnis maka Anda pun bisa mengetahui cara mereka dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Tidak sedikit para pebisnis yang didaulat menjadi seorang motivator pun akan menceritakan masa-masa buruk dalam perjalanan bisnisnya sebelum bercerita kesuksesannya. Hal itu dikarenakan para pebisnis sukses ingin membuat Anda untuk tidak berpikir bahwa segala sesuatunya dapat diraih dengan instan. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami langkah salah atau masa-masa buruk seperti yang dialami oleh pebisnis sukses tersebut.

Buatlah sebuah perancanaan yang matang

Hal ini mungkin terdengar klise bagi banyak pebisnis. Tetapi hal inilah yang akan membuat seorang pengusaha bisa mempertahankan bisnis yang sedang berjalan. Pasalnya, sebagai seorang pebisnis, Anda pun tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi kedepan nantinya. Sebuah bisnis pun juga akan mengalami penurunan pada suatu hari nanti. Anda pun akan mengalami kondisi dimana bisnis Anda tampak lesu dan tidak ada pertumbuhan yang signifikan sehingga bisa menghasilkan pendapatan seperti yang diinginkan. Bahkan, tidak mungkin juga bisnis Anda mengalami fase dimana tidak akan ada uang yang masuk ke kas keuangan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah rencana dimana bisnis Anda tetap bisa bertahan saat mengalami berbagai macam situasi dan kondisi. Anda tentunya tidak dapat memprediksi kondisi dimana pertumbuhan bisnis sedang lesu, konsumen yang mulai jenuh dengan produk Anda, atau bahkan munculnya pesaing yang bisa mengancam bisnis Anda. Dengan adanya sebuah rencana bisnis yang matang maka Anda bisa mempertahakankan bisnis yang dijalankan dalam berbagai macam situasi dan kondisi yang dihadapi.

Jangan mudah untuk menghabiskan uang kas

Bagaimanapun, saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis, maka Anda pun harus dituntut untuk menjadi orang yang lebih kreatif. Termasuk pula dalam penggunaan uang agar menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Oleh karena itu, jangan mudah untuk membelanjakan uang Anda jika hal tersebut masih bisa dilakukan dengan cara yang lebih hemat. Misalnya saja, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kantor Anda untuk didaur ulang menjadi sebuah barang pajangan daripada harus membelinya dengan harga mahal.

Menemukan cara untuk melipatgandakan sumber keuangan

Saat bisnis Anda sudah bisa survive dalam satu waktu, maka mungkin saatnya bagi Anda mencoba hal lain. Artinya, Anda juga dimungkinkan untuk membuka sebuah lini bisnis lainnya untuk mendukung bisnis yang sudah berjalan. Hal itu memungkinkan bagi Anda untuk mendapat penghasilan dari lini bisnis baru yang berjalan disaat bisnis lama Anda mengalami penurunan pendapatan. Dengan cara tersebut, maka Anda tetap bisa menjalankan bisnis disaat bisnis utama Anda sedang mengalami tren penurunan.

Menjalankan bisnis darimana saja dan kapan saja

Saat memutuskan untuk menjalankan bisnis, maka sebaiknya Anda tidak terpaku pada waktu. Artinya, Anda tidak bisa mematok jam kerja seperti pada umumnya untuk menjalankan bisnis. Bukan hanya itu saja, Anda juga tidak bisa hanya berdiam satu tempat untuk bisa menjalankan bisnis. Disaat Anda berada disuatu kota kecil sekalipun maka pastikan bahwa Anda tetap bisa memantau perkembangan bisnis. Hal tersebut bisa dilakukan jika Anda sebagai seorang pebisnis mau berinovasi dan juga berevolusi untuk mengikuti perkembangan zaman. Sebaiknya Anda mulai memanfaatkan koneksi internet agar bisa memantau perkembangan bisnis darimana saja dan kapan saja.

Perlakukan pelanggan Anda dengan baik

Bagi sebagian masyarakat yang tinggal disebuah kota kecil, sebuah berita baik itu sifatnya penting atau tidak penting akan mudah menyebar ke banyak orang. Jika Anda pernah mengecewakan pelanggan, sekalipun disebuah kota kecil, maka besar kemungkinan kekecewaan tersebut akan menyebar kepada konsumen yang lainnya. Oleh karena itu, Anda harus tetap menjalankan bisnis dengan cara-cara yang baik sekalipun pelanggan Anda berasal dari sebuah kota kecil yang terpencil dan bahkan tidak tersebut dalam peta. Jika Anda bisa memberikan pelayanan dan menghormati mereka dengan sangat baik maka bisnis Anda pun bisa dianggap menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat.

Tidak ada yang salah dengan bisnis kecil

Anda jangan pernah sekalipun merasa kecil saat memulai sebuah bisnis dengan modal yang kecil pula. Pada umumnya, saat Anda berada di level bisnis seperti ini, maka Anda pun akan memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan mereka yang sudah berada di level bisnis yang lebih tinggi. Pada masa-masa seperti ini, justru seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menjalin kepercayaan dengan konsumen. Disaat konsumen sudah memberikan kepercayaan kepada bisnis Anda, maka sebuah kesuksesan hanya tinggal menunggu waktu saja.

Membangun koneksi dengan pebisnis lainnya

Sekarang ini, bisnis kecil sedang banyak mendapat perhatian pemerintah melalui program-program UKM yang  dicanangkan. Tidak sedikit pula pemerintah menggandeng lini bisnis kecil untuk mengadakan sebuah pameran atau workshop. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan bisnis Anda kepada masyarakat luas yang tidak didapat ditempat lainnya. Buatlah brosur sebagai media promosi agar masyarakat mengenal bisnis yang sedang Anda lakukan. Dan disaat mengikuti pameran, Anda sebaiknya memanfaatkannya untuk membangun koneksi dengan pebisnis lainnya. Dengan membangun sebuah koneksi maka Anda pun bisa melakukan suatu kerja sama kedepan nantinya untuk kemajuan bisnis Anda.
pentingnya-koneksi

Tidak meremehkan dukungan dari keluarga

Keberhasilan suatu bisnis yang dikelola oleh seorang pengusaha tentu tidak akan terlepas dari dukungan keluarga. Disaat sukses atau sedang mengalami keterpurukan, maka keluarga pun tetap berada disamping Anda. Bagaimanapun, doa dan dukungan dari keluarga akan bisa menjadi pelecut semangat untuk tetap bertahan menjalankan bisnis. Jadi, sebaiknya Anda tidak meremehkan dukungan keluarga karena mereka pun pastinya akan selalu mendoakan Anda untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Menjalankan sebuah bisnis sepanjang waktu pasti akan mengalami masa-masa yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat sebuah perencanaan agar tetap bisa bertahan dalam menjalankan bisnis. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Hong]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar