Sabtu, 04 Juni 2016

Nama Lain Kota Madinah

Nama-nama lain dari Kota Madinah memang sudah banyak orang yang mengetahuinya, namun nama tersebut juga masih banyak dari apa yang dibayangkan. Jika sebelumnya telah mengetahui nama lain dari kota Mekah Al-Mukaromah, maka tidak ada salahnya sebagai umat muslim untuk mengenal nama-nama laind ari tanah suci tersebut. Selain sebagai sejarah yang harus diketahui, juga sebagai pengetahuan bagi umat muslim mengenai banyaknya sebutan untuk tanah suci yang memang berbeda dengan kota lain, karena keistimewaan yang dimilikinya. Beberapa nama kota Madinah tersebut adalah

Thabah

Thabah merupakan nama yang diberikan oleh Allah SWT sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya Allah Tabaraka Wata’ala menamakan kota ini dengan Thabah”. Dengan diberikannya nama secara langsung oleh Allah SWT membuat kota ini berbeda dengan kota lainnya dan memiliki barokah serta kemuliaan tersendiri.


Nama Lain Kota Madinah


Yatsrib

Nama Yatsrib digunakan pada saat jaman jahiliyah. Penamaan ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari no. 3622 dan Muslim no. 2272 yang berarti: 

“Aku bermimpi bahwasannya aku hijrah dari Mekah ke suatu negeri yang banyak ditumbuhi kurma maka dugaanku tertuju pada Yamamah atau Hajar. Ternyata kota itu adalah Yatsrib”.

Selain hadits diatas, beberapa sejarah juga ada yang menerangkan bahwa kata Yatsrib diambil dari nama seorang keturunan Nabi Nuh a.s yang pada saat itu mengadakan perjalanan dari Babilonia, Irak. Setelah itu, Yatsrib tinggal di kawasan tersebut dalam jangka waktu yang lama sampai keturunan-keturunannya lahir dan bermukim di tempat ini, sehingga tempat ini dinamakan dengan Yatsrib.


Beberapa lama setelah penamaan Yatsrib, kota Madinah berubah menjadi Madinah yaitu pada saat Nabi Muhammad SAW hijrah ke tempat ini. Kemudian Nabi melarang para kaum muslimin untuk memanggil kota Madinah dengan kata Yatsrib lagi, karena Yatsrib memiliki arti yang kurang baik yaitu memaki atau yang kotor. Namun, setelah adanya perubahan tersebut, umat muslim yang tidak taat kepada perintah Allah dan Nabi masih tetap menggunakan kata itu.

Madinah

Madinah merupakan nama yang sampai saat ini masih dipergunakan dan terkenal di seluruh dunia. Madinah juga sering disebut dengan Madinah Al-Munawaroh yang berarti kota yang bercahaya. Namun ada juga yang menyebutnya dengan Madinah An-Nabawiyah yang berarti kota Nabi. Nama Madinah dapat ditemui di beberapa hadits dan kitab suci Al-Qur’an, salah satunya adalah firman Allah SWT dalam Surah At-Taubah ayat 120 yang artinya: “Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka tidak turut menyertai Rasulullah SAW (berperang).”

Selain ketiga nama diatas, Madinah masih memiliki nama lain seperti Bait Ar-Rasul, Al-habibah dan lainnya yang jumlahnya mencapai sekitar 29 nama. - See more at: http://www.rumahallah.com/2014/06/nama-lain-kota-madinah.html#sthash.1sddtvcx.dpuf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar