Kamis, 20 Oktober 2016

CARA MENGELOLA FIKIRAN BAWAH SADAR

Oleh Fadhil ZA

Fikiran bawah sadar memainkan peran yang sangat penting dalam mempengaruhi perilaku anda , membentuk kepribadian, dan seluruh kehidupan Anda.  Fikiran bawah sadar merupakan blueprint dari kehidupan anda  . Baik atau buruknya kwalitas hidup anda tergantung apa yang terprogram dan tersimpan didalam fikiran bawah sadar anda.
fikiran 3
Fikiran bawah sadar adalah memori, potensi dan kekuatan tak terbatas dari Allah yang tersimpan didalam diri setiap orang . Manusia memiliki kekuatan dan sebuah sistem untuk menjaga kesehatan, kondisi mental dan persepsi manusia pada kehidupannya. Manusia dapat sembuh dari penyakit tanpa obat-obatan yang katanya masuk akal. Manusia bisa tiba-tiba berubah dan berkembang menjadi manusia yang lebih baik dengan cara yang tidak terduga. Anak petani miskin yang bergelimang berbagai kesulitan hidup tiba tiba menjadi seorang hartawan atau panglima perang yang perkasa. Seorang lelaki yang terlihat lemah tiba tiba bisa mengalahkan lelaki yang berotot kuat. Semua itu bisa terjadi dan terealisasi dimulai dari pikiran bawah sadar manusia.

Perilaku dan gerak gerik manusia dikendalikan dan dikontrol oleh fikiran bawah sadarnya, tidak ada orang yang sanggup melawan kemauan atau program yang tertanam didalam fikiran bawah sadarnya. Contohnya ketika selesai makan pada suatu pesta sebagian laki laki keluar ruangan mencari ruang terbuka dan mulai menyalakan rokoknya. Mereka melakukan itu secara otomatis dan tidak bisa mereka tahan untuk tidak melakukannya. Ketika lewat disebuah lorong rumah sakit yang remang remang terbaca pada pintu salah satu ruangan tulisan  “ kamar jenazah “  , ketika membaca tulisan itu spontan langkah kaki kita akan tergesa gesa meninggalkan tempat itu tanpa bisa ditahan. Seperti itulah cara kerja program yang tertanam didalaml fikiran bawah sadar kita.
Karir dan kwalitas hidup seseorang dibatasi oleh program yang tersimpan didalam fikiran bawah sadar seseorang. Mereka tidak bisa melampaui batas yang telah ditetapkan didalam fikiran bawah sadarnya. Seorang yang merasa puas menjadi penarik becak atau pemulung tentu tidak akan menjadi pilot pesawat terbang. Seseorang yang merasa bahwa dirinya telah ditakdirkan sebagai orang miskin dan melarat tentu tidak akan menjadi jutawan kaya dan hidup berlimpah.
Mereka yang tidak mampu mengendalikan dan mengontrol fikiran bawah sadarnya biasanya fikiran bawah sadarnya akan dipenuhi oleh berbagai hal negatif yang mengakibatkan keterpurukan dalam hidupnya. Perasaan tidak mampu, rendah diri, pesimis, tidak ada harapan, takut gagal, kuatir diremehkan dan dicemooh orang, merasa paling menderita dalam hidup, merupakan berbagai perasaan negatif yang sering mendominasi fikiran bawah sadar seseorang. Jangan biarkan semua perasaan negatif itu bercokol didalam fikiran bawah sadar anda. Semua perasaan itu akan membinasakan dan menghancurkan kehidupan anda.
Anda harus berusaha mengisi fikiran bawah sadar anda dengan berbagai hal positip dan membangun, yang pada akhirnya semua itu akan menjelma dalam kehidupan anda. Tanamankan didalam fikiran bawah sadar anda rasa optimis, penuh harapan, kesuksesan, kemuliaan, merasa bahagia, tenang dan nyaman. Bukan perkara mudah menanamkan semua perasaan itu kedalam fikiran bawah sadar anda kalau pada kenyataannya anda memang sedang berada didalam keterpurukan. Anda harus melatih imajinasi anda membayangkan dan merasakan sesuatu yang berlawanan dengan kenyataan yang ada .
Bagaimana Cara Mengendalikan Pikiran Bawah Sadar
Semua orang didunia ini memiliki pikiran bawah sadar, dimana pikiran bawah sadar tersebut diistilahkan sebagai mangkuk yang siap diisi dengan ide, gagasan, impian, cita-cita, hal positif maupun negatif serta berbagai macam kebiasaan yang baik maupun buruk. Ketika Anda bisa mengisi pikiran bawah sadar tersebut dengan sesuatu yang baik, maka kualitas hidup Andapun akan lebih baik, namun jika pikiran bawah sadar tersebut Anda isi dengan sesuatu yang negatif, maka kualitas hidup Andapun akan bisa lebih buruk lagi.
Dua hal yang bisa membuat Anda menanamkan sugesti pada pikiran bawah sadar Anda adalah cara pandang atau keyakinan terhadap diri Anda sendiri dan juga kebiasaan yang sering Anda lakukan. Biasanya keadaan lingkungan dan kondisi yang sedang dialami seseorang sangat berpengaruh kuat pada alam bawah sadar seseorang. Seseorang yang hidup dilingkungan miskin dan kumuh serta kehidupan yang keras tentu alam bawah sadarnya akan dipenuhi gambaran kemiskinan, kemelaratan, dan kekerasan pula. Anda harus mampu melawan semua gambaran negatif dari lingkungan anda itu. Jangan tersihir oleh kenyataan yang ada. Bayangkan sesuatu yang berbeda dari yang anda lihat sehari hari.
Bayangkan dan rasakan kehidupan yang berlimpah serba cukup , aman dan nyaman, berbeda dengan kenyataan yang selalu anda lihat setiap hari. Gunakan imajinasi anda. Anda bisa membantu dengan melihat gambar atau melihat tempat orang yang hidup sejahtera , aman nyaman diperumahan real estate yang teratur rapi.
Ketika anda membiarkan unsur negatif dari lingkungan dan kondisi yang anda lihat meresap didalam alam bawah sadar anda , maka kondisi negatif itu akan membentuk alam bawah sadar anda ,  dan andapun tidak akan pernah keluar dari berbagai kondisi terpuruk yang anda hadapi itu. Jika anda bisa menanamkan kondisi yang berbeda dari kenyataan yang anda hadapi itu kedalam fikiran bawah sadar anda maka berbagai hal positip yang anda tanamkan didalam alam bawah sadar anda itu akan menjelma jadi kenyataan
Bukan perkara mudah membayangkan kondisi positip aman, nyaman dan tentram  ditengah kondisi yang terpuruk penuh kemelut dan kekalutan. Mintalah pertolongan  pada Allah untuk menanamkan pengaruh dan kekuatan positip kedalam fikiran bawah sadar anda. Anda bisa menamkan ayat ayat Qur’an yang membangkitkan energi positip kedalam fikiran bawah sadar anda,contohnya  seperti surat Ali Imran 160 :

160. Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.
Ayat ini memberi keyakinan pada fikiran bawah sadar bahwa jika Allah menolong anda tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mengalahkan anda . Ayat ini menghilangkan kecemasan, kekuatiran dan ketakutan yang ditanamkan lingkungan pada diri anda. Banyak lagi ayat ayat Qur’an yang bisa anda gunakan untuk memotivasi fikiran bawah sadar anda
Cara Menanamkan Sugesti dalam Alam Bawah Sadar
Setiap manusia terlahir dengan potensi fikiran  Sadar dan Bawah Sadar yang sama. Namun, dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pikiran tersebut bisa mengalami distorsi, sesuai apa yang dilakukannya. Distorsi tersebut, bisa melalui lingkungan ,  budaya, kehidupan sosial dan pendidikan yang tidak mendukung pengembangan potensi pikiran bawah sadar sepenuhnya. Bahkan dalam perkembangan budaya modern, potensi manusia untuk mengembangkan kemampuan pikiran bawah sadar semakin berkurang bahkan hilang. Padahal, jika kita mampu mengelola fikiran bawah sadar dengan baik , manfaatnya amat besar bagi kehidupan kita.  Kwalitas hidup seseorang amat dipengaruhi oleh apa yang tertanam didalam fikiran bawah sadar kita masing masing.
Secara tidak disadari banyak orang yang menanamkan unsur negatif kedalam fikiran bawah sadarnya, yang pada akhirnya membuat hidupnya terpuruk dan bergelimang berbagai kesulitan dan penderitaan.
Ada beberapa cara , untuk menanamkan sugesti positip kedalam fikiran bawah sadar kita antara lain :
1. Cari tempat yang tenang dan nyaman, bisa lakukan dengan duduk dikursi atau bersila. Bacalah do’a terlebih dahulu. Waktu yang tepat untuk melakukannya di atas jam 12 malam dimana semua aktifitas berhenti. Bisa juga anda lakukan diwaktu santai pada pagi  atau sore hari

2. Tarik nafas halus dan keluarkan secara berulang, lepaskan beban pikiran bersama dengan hembusan nafas, bisa diiringi dengan dzikir menyebut nama Allah. Lakukan sampai Anda tenang dan semua beban pikiran hilang dan masuk ke dalam fase gelombang alpha-theta.
3. Ucapkan penyembuhan, ide, gagasan, impian, cita-cita, dan hal-hal positif lainnya didalam hati secara terus-menerus. Misalnya, “Ya Tuhanku, bebaskanlah aku dari penyakit ini, sembuhkanlah, dan tunjukkanlah mukjizatMu”. Visualisasikan bahwa Anda telah sembuh dan segar bugar kembali. (Permohohan atau gagasan  yang lainnya bisa Anda kembangkan sendiri).
4. Ulangi proses pernapasan ini sampai semua permohonan dan sugesti Anda tertanam didalam alam bawah sadar dan keadaan Anda merasa tenang dan damai. Ucapkan syukur kepada Tuhan, dan lanjutkan beristirahat.
5. Lakukan secara rutin setiap hari minimal 15 menit, dan Anda akan merasakan sendiri perubahan di kehidupan Anda.
Perlu diingat, jangan terburu nafsu, lakukan latihan diatas secara sabar dan istiqamah. Jika Anda ingin mengatasi berbagai masalah kesehatan, psikologis, kepribadian serta masalah lainnya, metode diatas adalah cara yang tepat untuk menuju pikiran bawah sadar Anda, dan visualisasi yang Anda lakukan ketika menggunakan terapi ini akan bekerja secara efektif untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda. Insya Allah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan terapi ini
Cara lain untuk menamkan kekuatan positip kedalam fikiran bawa sadar anda adalah dengan melakukan shalat secara benar dan khusuk. Perhatikan dan hayati bacaan shalat anda dengan sungguh sungguh . Pilih ayat ayat Qur’an yang memberi motivasi dan energi positip pada diri anda seperti surat  An Nur 55-56, Al Fath 1-4, Fathir 3, At Taubah 51, Ali Imran 160 dan banyak lagi .  Doa yang dibaca ketika duduk iftirash jika dihayati dengan sungguh sungguh juga akan memberi energi positip pada fikiran bawah sadar anda Robbighfirli….warhamni…wajburni ….dst .
Anda juga bisa menanamkan energi positip kedalam fikiran bawah sadar anda dengan melakukan dzikir qolbu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar