Sabtu, 15 Oktober 2016

Rahasia cara mengasah dan melatih otak kanan

Rahasia cara mengasah dan melatih otak kanan


Tips cara mengasah otak kanan. Ya, itulah yang akan saya bahas kali ini. Mengasah otak kanan akan sangat membantu sekali apabila Anda berkeinginan untuk menjadi seoorang pengusaha. Mengapa bisa begitu? Silahkan simakk penjelasannya berikut ini.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bedakan terlebih dahulu perbedaan antara otak kanan dan otak kiri. Prinsip kerja otak kanan selalu dinamis, suka tantangan, tak terduga, spontan, dan suka berubah-ubah. Berbeda dengan prinsip otak kiri yang lebih terukur dan terencana, dinamis, dan lebih detail.

Dapat kita ilustrasikan bahwa otak kanan lebih menyukai perubahan dan tantangan. Sedangkan otak kiri lebih suka melakukan suatu hal yang sama dan dengan cara yang sama pula. Sehingga dalam masalah profesi, kita bagi menjadi dua, yaitu karyawan dan pengusaha.

Otak kanan sangat cocok untuk menjadi seorang pengusaha karena seperti yang telah dijelaskan tadi, bahwa otak kanan yang selalu dinamis dengan perubahan, tidak terlalu menguasai teknik karena ia bebankan pekerjaan kepada karyawannya.

Sedangkan otak kiri sebagai profesi karyawan yang lebih mengandalkan teknis, lebih detail dalam mengerjakan suatu pekerjaan, lebih memilih zona aman, dan tidak terlalu suka dengan perubahan.

Nah, dengan mengetahui bagaimana prinsip dari masing-masing otak, kita jadi lebih mudah untuk memilih pekerjaan mana yang lebih disukai. Apakah pengusaha atau karyawan? Jika dilihat dari segi investasi, pasti profesi pengusaha yang menjadi paling banyak dipilih.

Lalu bagaimana kah cara mengasah otak kanan agar lebih tajam? 

Cara melatih otak kanan

Mengasah otak kanan dengan kreatifitas dan hobi

Cara mengasah otak kanan yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengasah kreatifitas dan hobi. Seperti kegiatan menulis, membuat cerita, novel, atau puisi, menggambar/melukis, fotografi, dan kreatifitas lainnya. 

Jika kita melakukan kreatifitas karena hobi, itu akan sangat bagus. Sebab, seseorang saat melakukan hobi tidak akan memikirkan sebanyak apa biaya keluar, waktu yang terbuang, atau dengan kata lain kita akan melakukannya secara sukarela dan tanpa disadari ternyata dapat membantu untuk mengasah otak kanan.

Humor

Orang yang kuat otak kanannya, ketika mereka sedang menghadapi suatu tantangan yang berat, sehingga membuat mereka menjadi lelah, untuk menjaga spiritnya, mereka melampiaskannya dengan humor agar dapat rileks kembali. Tidak seperti otak kiri yang cenderung cepat mengeluh.

Musik

Musik dapat sangat membantu bagi orang yang otak kanannya kuat. Lirik-lirik dan irama dari musik itu sendiri dapat membangkitkan semangat dan gairah. Muik yang didengar tentu saja bukan musik dengan irama yang melow dan galau, akan tetapi musik yang membuat pendengarnya menjadi lebih semangat.

Al-Quran

Membaca Al-Quran sudah sejak lama dipercaya berdampak positif bagi tubuh dan pikiran kita, salah satunya adalah memperkuat ingatan. Selain itu juga ternyata dapat mengasah otak kanan kita agar lebih kuat. Sebab, tulisan Al-Quran berbeda dengan latin, sehingga melatih otak kanan kita agar menjadi lebih tajam. Selain itu, cara membaca Al-Quran juga berlawanan arah, yaitu dari kanan ke kiri.

Menurut Purdie Chandra

"Cara yang saya alami sendiri ialah dengan melakukan zikir dalam hati". Zikir dalam hati bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Cara lainnya adalah dengan melakukan shalat malam dan tahajud.Selain itu, puasa juga dapat mencerdaskan otak kanan.

Nah, cukup mudah bukan? Setelah mengetahui cara mengasah otak kanan, sekarang akan saya bahas fungsi dan karakteristik dari masing-masing otak kita.

Fungsi otak kanan dan kiri

Fungsi dari otak kanan adalah divergen, analogi, kukuh, imaginatif, asosiatif, intuitif, majmuk, holistik, subjektif, serentak, fleksibel, kreatif, visual, carian pola. Sedangkan fungsi otak kiri adalah konvergen, digital, abstrak, proporsional, analitik, linier, sekuensial, analitik, objektif, satu-satu, kaku, matematikal, verbal, pengguna pola.

Karakteristik orak kanan

Otak kanan berkarakter humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, idea = ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai penyelesaian masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, "pelanggar peraturan", spontan.

Karakteristik otak kiri

Untuk otak kiri berkarakter serius, rumit, membosankan, hemat, lebih percayai fakta, rapi-terancang, idea = keuntungan, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan am, penyokong diam, pembuat Peraturan, konservatif, mudah ditebak.

Source: facebook.com

Sekian rahasia cara mengasah otak kanan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar