Selasa, 22 November 2016

Inilah Orang Indonesia Pemilik Pertama Mobil di Dunia

mobil-pertama-di-indonesia
Perkembangan jaman mengenai kendaraan terutama mobil sudah sangatlah berkembang di Indonesia. Meskipun begitu, kita tidak boleh melupakan sejarah perkembangan tentang dunia otomotif di Indonesia. Berbicara mengenai mobil, sudah sangat banyak artikel yang membahas tentang berbagai mobil keluaran terbaru yang memiliki spesifikasi dan juga fitur yang sangat canggih. Di artikel kali ini kami tidak akan membahas mengenai mobil terbaru. Namun sebaliknya kami ingin membangkitkan kembali memori sekaligus menambah wawasan pembaca mengenai sejarah otomotif di Indonesia. 
Mobil Pertama Indonesia
Benz Phaeton 

Beberapa dari kamu mungkin pernah bertanya-tanya siapakah pemilik mobil pertama di negeri ini? Bagi kamu yang dapat menjawab pertanyaan ini, berarti pengetahuan kamu tentang sejarah otomotif di Indonesia sudah sangat baik. Pemilik mobil pertama di Indonesia adalah tokoh yang sangat terkenal yakni Pakubuwono X (PB X). Beliaulah pemilik mobil pertama di Indonesia, yang sekarang sudah hampir di setiap rumah memiliki mobil pribadi. 

Namun sebenarnya, Pakubuwono X ini juga bisa dikatakan sebagai pemilik mobil pertama di dunia. hal ini dikarenakan kepemilikan awal mobil ini yang hanya untuk kalangan terbatas. hanya bangsawan dan juga kalangan orang kaya saja yang dapat membeli kendaraan ini di masanya. Di pabrik pembuatan mobil tersebut, secara langsung Pakubuwono X memesan satu unit mobil yang baru saja diluncurkan oleh pabrikan mobil tersebut.

Pakubuwono merupakan raja Solo yang pertama memiliki mobil di Indonesia. Pada tahun 1894, mobil yang beliau miliki bermerk Benz. Pada waktu itu, untuk mendapatkan mobil ini kamu harus indent terlebih dahulu karena produsen mobil masih terbilang langka pada saat itu. Pembuatannyapun perlu waktu 1 tahun untuk menyelesaikan  sebuah mobil. John C. Potter merupakan orang pertama sebagai sales mobil ini. Mobil ini memiliki spesifikasi beragam sesuai dengan pesanan. 

Jangan harap kamu mendapatkan mobil berbentuk eksotis di jaman ini. Yang ada hanyalah berbentuk seperti kereta kencana biasa. Dengan velg yang terbuat dari kayu, mobil ini dipadukan dengan ban karet mati (tidak berisi angin) persisi seperti bentuk “andong” di Yogyakarta. Mobil ini memiliki harga 10.000 gulden dengan spesifikasi mesin 1 silinder berkapasitas 2.0 liter dan mampu menghasilkan tenaga hingga 5 HP. Jangan salah mobil pertama di Indonesia ini sudah memiliki konsep 8 seater di masanya. 
Mobil Pertama Indonesia
Benz Phaeton 

Mobil pertama bernama Benz Phaeton milik Pakubuwono X ini resmi diperlihatkan kepada khalayak umum pada tahun 1924. Sewaktu itu, mobil dikirim ke Belanda melalui jalan laut dengan modal transportasi kapal. Berangkat dari Semarang, mobil ini rencananya akan di ikut sertakan dalam perhelatan pameran mobil RAI. Sangat disayangkan, keberadaan mobil tersebut bagai hilang ditelan jaman. Sampai sekarang tidak ada yang mengetahui pasti dimana keberadaan mobil tersebut. Namun bagi kamu penggila otomotif dapat melihat secara langsung mobil ini di museum mobil Leidschendam di Belanda bagian selatan.  

Di tahun-tahun selanjutnya, mulai marak adanya pembelian mobil di Indonesia. Selain untuk sarana transportasi rupanya mobil ini juga dijadikan ajang pamer kekayaan bagi para bangsawan dan para raja di masa itu. Hal ini dikarenakan masih jarang nya pabrikan yang mampu menjual mobil dalam skala besar. Selain itu, hanya orang yang benar-benar kayalah yang sanggup untuk membeli mobil di waktu itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar