Kembang sungsang dinang kunang Kotak kurawis wayang Lindu nira bumi bengkah Adam adam babu hawa Siskang danur wilis Ingkang ngagelaraken cahya nur cahya Anwas anwar ngagelaraken Malih kang danur citra Nurcahya nursari nurjati Dangiang wayang wayanganipun Semar sana ya danar guling Basa sem pangangken-angken Mareng ngemaraken Dat Kang Maha Tunggal Wayang agung wineja wayang tunggal Wayang tunggal

Jumat, 11 November 2016

Nama-Nama Surga Dan Neraka Serta Penghuninya Lengkap

Surga dan neraka ialah tempat kembalinya manusia di hari akhir. Disanalah nantinya makhluk Allah akan hidup kekal abadi selamanya, dunia hanyalah tempat tinggal sementara yang menjadi ukuran apakah manusia layak masuk surga atau bahkan sebaliknya, ibarat kata dunia hanyalah tempat dimana kita berladang, apabila ladang kita baik maka hasilnya akan baik, namun jika terjadi hal sebaliknya maka akan mendapatkan hasil yang lebih buruk. berikut ini merupakan pengertian nama-nama surga dan neraka, silahkan disimak:

Pengertian Surga

Surga merupakan tempat dimana mereka yang ikhlas dalam beribadah, beriman serta bertaqwa kepada Allah SWT. Surga ialah suatu tempat diakhirat kelak yang berisi penuh akan kesenagan dan kegembiraan. Keindahan yang ada di surga bahkan lebih dari keindahan yang pernah ada di dunia ini, bahkan keindahannya berlipat-lipat, maka janganlah berpikir Allah tidak adil dan selalu pilih kasih kepada makhluknya. Sesungguhnya Allah akan memberikan balasan yang setimpal akan perbuatannya.
Nama Nama Surga Dan Neraka Serta Penghuninya Lengkap

Nama-Nama Surga:

1. SURGA FIRDAUS, merupakan surga yang diciptakan dari emas yang merah serta diperuntukkan bagi mereka yang khusuk dalam beribadah seperti sholatnya, menjauhkan diri dari perbuatan yang sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, memelihara amanah, menepati janjinya, serta memelihara sholatnya.
2. SURGA ‘ADN, merupakan surga yang diciptakan dari intan putih yang diperuntukkan bagi mereka yang bertakwa kepada Allah SWT surah (An Nahl:30-31), benar-benar beriman dan beramal shaleh (Thaha:75-76), banyak berbaut kebaikan (Fathir:32-33), sabar, menginfaqkan akan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan (Ar-Ra’ad:22-23).
3. SURGA NAIM, merupakan surga yang diciptakan dari perak putih yang diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT dan beramal shaleh.Surah (Al Qalam: 34)
4. SURGA MA’WA, merupakan surga yang diciptakan dari jamrud hijau yang diperuntukan bagi mereka yang bertakwa kepada Allah SWT (An Najm: 15), beramal shaleh (As Sajdah: 19), dan takut kepada kebesaran Allah SWT serta menahan hawa nafsu (An Naziat : 40-41)
5. SURGA DARUSSALAM, merupakan surga yang diciptakan dari yakut merah yang diperuntukkan bagi mereka yang kuat imannya dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah SWT serta beramal shaleh.
6. SURGA DARUL MUQAMAH, merupakan surga yang diciptakan dari permataa putih yang diperuntukkan bagi mereka yang bersyukur kepada Allah SWT. Kata Darul Muaqaamah yang berarti suatu tempat tinggal yang dimana di dalamnya terdapat orang-orang yang tidak pernah merasa lelah dan tidak merasa lesu. Tempat ini diperuntukkan bagi mereka yang bersyukur sebagaimana yg disebutkan di dalam surat Faathir ayat 35. Dan sedangkan surga Darul Muaqaamah ini terbuat dari permata putih.
7. SURGA AL-MAQAMUL AMIN, merupakan surga yang diciptakan dari permata putih. Kata Al-Maqamul Amin menurut Dr M Taquid-Din dan Dr M Khan yang berarti tempat yang diperuntukkan bagi mereka yang bertakwa. Sedangkan surga Al-Maqamul Amin ini terbuat dari permata putih.
8. SURGA KHULDI, merupakan surga yang diciptakan dari marjan merah dan kuning yang diperuntukkan bagi mereka yang taat menjalankan perintah Allah SWT serta menjauhi larangannya (orang-orang yang bertakwa).

Pengertian Neraka

Neraka merupakan suatu tempat yang penuh akan penderitaan dan siksaan, bagi mereka yang durhaka kepada Allah SWT dan tidak taat kepada-Nya. Neraka merupakan balasan buruk bagi orang yang selama hidupnya di dunia mengingkari hukum-hukum Allah SWT. Allah berfirman dalam Q.S. Hud: 106-107
Artinya: “Maka adapun orang-orang yang sengsara, maka (tempatnya) didalam neraka, disana mereka mengeluarkan dan menarik napas dengan merintih, mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sungguh Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki “.

Adapun nama-nama neraka diantaranya:

1. NERAKA HAWIYAH, merupakan tempat yang diperuntukkan kepada mereka yang ringan timbangan amalnya, yakni mereka yang selama hidupnya di dunia selalu mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, yang tidak mau memakai jilbab (bagi wanita), memakai sutra dan emas (bagi kaum laki- laki), mencari rejeki dengan cara yang tidak halal, serta memakan riba dan lain sebagainya.
2. NERAKA JAHIM, merupakan neraka sebagai tempat penyiksaan atas mereka yang musyrik atau mereka yang menyekutukan Allah SWT, maka sesembahan mereka akan datang untuk menyiksa mereka. Mereka yang di dunia menyembah sapi yaitu (bangsa Hindu) maka sapi yang mereka sembah akan menyiksa orang itu. Mereka yang menyembah patung berbentuk hewan, maka patung tersebut yang akan menyiksanya. Dengan demikian selanjutnya. Syirik disebut sebagai dosa yang paling besar menurut ALLAH SWT, karena syrik merupakan mensekutukan ALLAH atau menganggap adanya mahluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat selain ALLAH. Syirik dapat pula berarti menganggap ada Tuhan lain selain ALLAH.
3. NERAKA SAQAR, merupakan tempat untuk mereka yang munafik, yaitu orang-orang yang mendustakan (tidak mentaati) perintah dari ALLAH dan Rasulullah. Mereka telah mengetahui bahwa ALLAH sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Namun mereka meremehkan syariat (hukum) Islam tersebut. Maka mereka akan dibakar dalam api sebagai hukuman untuk mereka.
4. NERAKA LAZZA, merupakan neraka yang bergejolak apinya serta mengelupaskan kulit kepalanya. [QS:70. Al Ma´aarij] 15-18
5. NERAKA HUTHAMAH, merupakan tempat yang diperuntukkan bagi mereka yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang-orang yang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau berbagi atau bersedekah dan tidak mau pula membayar zakat. Mereka pula memasang wajah masam jika ada orang miskin yang meminta bantuan kepada mereka. Maka ALLAH SWT akan membalasnya dengan menyiksa mereka dengan cara menguliti serta mengelupaskan kulit muka mereka. Dan membakar mereka semau yang ALLAH mau. NERAKA HUTHAMAH ini disediakan untuk mereka yang gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina, mereka yang serakah dan tidak mengeluarkan zakat hartanya sedikitpun serta mencela dan menghina orang-orang miskin. Maka di Huthamah harta mereka dibawa serta dibakar untuk diminumkan sebagai siksa kepada manusia pengumpat pengumpul harta.
6. NERAKA SAIR, merupakan tempat yang diperuntukkan kepada orang-orang kafir. Dan orang yang memakan harta anak yatim. Kafir berasal dari kata kufur yang berarti ingkar atau menolak. Sehingga kafir juga dapat diartikan menolak akan adanya ALLAH atau dengan membantah perintah ALLAH serta Rasul-NYA. Jadi manusia kafir tersebut terdiri dari: Orang yang tidak beragama Islam atau orang yang tidak mau membaca syahadat. Orang Islam yang tidak mau shalat. Orang Islam yang tidak mau puasa. Serta orang Islam yang tidak mau berzakat
7. NERAKA WAIL, merupakan tempat yang disediakan untuk para pengusaha dan pedagang yang culas, mengurangi timbangan, mereka yang mencalo barang dagangan agar mendapatkan keuntungan yang berlipat. Maka dagangan mereka akan dibakar serta dimasukkan ke dalam perut mereka sebagai azab atas dosa-dosa mereka.
8. NERAKA JAHANAM, merupakan neraka tempat penyiksaan itu kemudian banyak disebut orang dengan nama jahanam. Neraka yang paling dalam dan berat siksaannya. [QS: 15. Al Hijr] 43-44
Sekian ulasan tentang Surga dan Neraka, semoga dapat menambah wawasan serta menjadikan kita makhluk yang lebih baik lagi, Ammmiiiinnn

 http://www.seputarpendidikan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar