Kembang sungsang dinang kunang Kotak kurawis wayang Lindu nira bumi bengkah Adam adam babu hawa Siskang danur wilis Ingkang ngagelaraken cahya nur cahya Anwas anwar ngagelaraken Malih kang danur citra Nurcahya nursari nurjati Dangiang wayang wayanganipun Semar sana ya danar guling Basa sem pangangken-angken Mareng ngemaraken Dat Kang Maha Tunggal Wayang agung wineja wayang tunggal Wayang tunggal

Selasa, 04 Agustus 2015

Khasiat Membaca Surat Al Fatihah, Bisa Untuk Penyembuhan

Pentingnya Membaca Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah dikenal sebagai surat paling awal dalam Al Quran, tapi apakah kita tahu tentang keutamaan dan khasiat membaca surat Al Fatihah? Umat Islam mengetahui bahwa shalat yang mereka lakukan tidak akan sah jika mereka tidak membaca surat Al Fatihah ini, dan inilah pentingnyasurat Al Fatihah.
Masalah penting ini juga diriwayatkan oleh beberapa sahabat Rasul, bahwa Rasulullah Saw mengatakan shalat orang yang tidak membaca surat Al Fatihah tidak akan diterima oleh Allah Swt. Melalui hadist ini menyiratkan secara jelas bahwa ternyata surat Al Fatihah memiliki peranan yang sangat penting, sampai-sampi shalat seseorang tidak sah jika mereka terlupa membaca surat Al Fatihah.

surat al fatihah

Khasiat Membaca Surat Al Fatihah

Rasulullah Saw pernah berkata pada Abu Sa’id bin Al-Mu’alla yang pada saat itu sedang shalat di masjid. Rasulullah ingin mengajarkannya sebuah surat yang paling agung dari seluruh surat yang ada dalam Al-Qur’an, dan Abu Sa’id setuju untuk diajarkan.
Al-Imam Ibnu At-tiin mengatakan bahwa maksud Nabi Muhammad Saw dengan ucapannya tadi adalah bahwa keutamaan dan khasiat membaca surat Al Fatihah lebih banyak jika dibandingkan dengan membaca surat lainnya yang ada di dalam Al Quran.
Apabila dikaji dari penjelasan para ulama Islam, maka bisa ditemukan setidaknya ada 13 khasiat dan atau manfaat yang bisa diperoleh ketika seseorang banyak membaca surat Al Fatihah sebagai zikirnya, yaitu:
  1. Dengan Membaca Surat Al fatihah stelah beramal kebaikan maka amal kebaikan orang tersebut diterima oleh Allah Swt
  2. Dengan banayak membaca surat al Fatihah, seluruh dosanya yang ada di dunia diampuni
  3. Mereka yang banyak membaca surat Al Fatihah akan selamat dari api neraka yang sangat panas
  4. Mereka yang banyak membaca Surat Al Fatihah akan terhindar dari murka Allah swt
  5. Mereka yang banyak membaca surat Al Fatihah, kelak akan mampu berjumpa dengan Allah Swt di akhirat
  6. Akan terbebas dari azab kubur ketika mereka berada di alam kubur nanti
  7. Mendapat derajat yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak membaca, nanti ketika di Surga
  8. Keutamaan dan Khasiat membaca surat Al Fatihah sebelum tidur akan membuat seseorang aman dari segala hal, kecuali kematian
  9. Rumah yang sering dibacakan surat al Fatihah dan surat al Ikhlas akan bebas dari kefakiran, serta akan berlimpah kebaikan. Membaca Al Fatihah sudah seakan-akan menyedekahkan emas di jalan Allah
  10. Satu ayat dari surat Al Fatihah menutup satu pintu neraka bagi orang tersebut
  11. Membaca surat al fatihah dengan ayat kursi dan dua ayat surat Ali Imran ketika selesai shalat akan dibalas dengan surga
  12. Manfaat membaca surat Al Fatihah, kita seakan telah membaca kitab injil, zabur, taurat, Qur’an, suhuf Ibrahim, dan suhuf Idris sebanyak tujuh kali

Penyembuhan dengan Surat Al Fatihah pada Zaman Rasulullah Saw

Pada zaman sekarang di kalangan kaum santri, Surat Al Fatihah sering juga dibaca ketika melakukan ruqyah pada seseorang yang sakit. Tapi ternyata pada zaman Rasulullah Saw, surat al Fatihah pernah digunakan untuk mengobati orang yang sakit parah karena disengat kalajengking, sebagaimana telah masyhur dalan suatu riwayat hadits shahih.
dalam riwayat hadits shahih, Surat Al Fatihah ini pernah dibacakan ketika para sahabat Rasulullah Saw mencoba menyembuhkan orang yang terkena sengatan kalajengking, dan inilah manfaat surat Al Fatihah untuk penyembuhan pada masa itu. Karena dengan izin Allah SWT maka orang yang terkena sengatan kalajengking tadi sembuh setelah dibacakan Surat Al Fatihah.
Alasan lain mengapa seorang Muslim disarankan banyak membaca surat al Fatihah dalam masa hidupnya adalah karena ternyata surat Al Fatihah memiliki kandungan do'a untuk meminta petunjuk langsung kepada Allah, doa itu dipanjatkan kepada Allah untuk kebaikan diri si pembaca dan umat Islam demi lancarnya urusan kebaikan.
Untuk mendapatkan pemahaman dari khasiat dan atau manfaat bacaan surat Al Fatihah bisa dilakukan dengan melakukan pengkajian mendalam terhadap tafsir surat Al Fatihah. Sudah banyak ulama Islam yang telah menuliskan penjelasannya dalam beberapa kitab tafsir yang secara khusus membahas surat Al Fatihah ini. Dari beberapa kajian dan penjelasan para Ulama Islam, ternyata banyak yang bisa diambil manfaatnya dari surat Al Fatihah. Melalui pengkajian kitab-kitab tersebut, kita bisa lebih mengetahui keutamaan dan khasiat membaca surat Al Fatihah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar