Mengenai martabat pengujudan diri rahsia Allah S.W.t.atau di kenali juga Martabat Tujuh, itu terbahagi ia kepada 7 Alam;
Ke tujuh-tujuh martabat atau alam ini terkandung ia di dalam surah -Al Ikhlas
QulhuwallahuAhad - Ahdah
Allahushomad - Wahdah
Lamyalidd - Wahdiah
Walamyuladd - Alam Roh (Alam Malakut)
Walamyakullahu - Alam Misal (Alam Bapa)
Kuffuan - Alam Ijsan
Ahad> - Alam Insan
Seperti FirmanNya lagi dalam Al- Quran
[33] Setelah diketahui demikian maka tidaklah patut disamakan Allah Tuhan yang berkuasa mengawas tiap-tiap diri dan mengetahui akan apa yang telah diusahakan oleh diri-diri itu, (dengan makhluk yang tidak bersifat demikian). Dalam pada itu, mereka yang kafir telah menjadikan beberapa makhluk sebagai sekutu bagi Allah. Katakanlah (wahai Muhammad): Namakanlah kamu akan mereka (yang kamu sembah itu). Atau adakah kamu hendak memberi tahu kepada Allah akan apa yang tidak diketahuiNya di bumi? Atau adakah kamu menamakannya dengan kata-kata yang lahir (sedang pada hakikatnya tidak demikian)? Bahkan sebenarnya telah diperhiaskan oleh Iblis bagi orang-orang yang kafir itu akan kekufuran dan tipu daya mereka (terhadap Islam) dan mereka pula disekat oleh hawa nafsu mereka daripada menurut jalan yang benar dan (ingatlah) sesiapa yang disesatkan oleh Allah (dengan pilihannya yang salah) maka tidak ada sesiapapun yang dapat memberi hidayat petunjuk kepadanya.
Surah Al-A'Rad Ayat:33
Maka kita yang beriman pada Allah dan Rasulullah serta Hari Kiamat,
percaya bahwa Alam-Alam yang ada ini dengan nama Dunia, Buana, Maya
Pada, adalah dijadikan Allah Maha Esa. Demikian juga penghuni tiap-tiap
Alam itu, serta apa pada tiap-tiap Alam itu. Kewajiban kita sebagai
seorang Muslim paling tidak mengetahui tujuh Alam.
1. ALAM LAHUT (LATAIN / AHADIAH)
Adapun Alam Lahut itu adalah mertabat Latain artinya tidak ada
pernyataan, maka dinamakan Alam Lahut itu adalah Asma 'Zat, artinya
Isma' Zat Allah Taala Zat yang belum bernama Allah, hanya dengan bernama
Zat Ahadiah
Di dalam mertabat Alam Lahut, Asma 'Zat yang Maha Suci itu adalah tujuh Asma'nya yaitu: -
1.HU artinya Zat Tuhan yang Esa semata-mata
2. GHAIBUL GHUYUB artinya, tidak ada berpihak dan tidak bertempat, tidak
Ia diatas, di bawah, di kiri, di kanan, di depan dan di belakang.
3. AHADIAH artinya dari pihak yang tidak sampai ke pengenalan para-para
Nabi, apa lagi yang lain dari Nabi-nabi, yang mengetahui hanya dia.
4. GHAIBUL HAWIAH artinya, dari pihak Ia tidak berzat, berisma 'dan berakal seperti manusia.
5. UJUDUL MUTLAK artinya tidak semua yang Hakiki hanya DIA
6. ABADAN ABADA artinya tidak ada yang mengetahui wujudnya sesuatu semuanya
7. LATAIN artinya tidak dapat dipikirkan oleh akal, Makrifat orang-orang
yang Arifin Billah. Alam Lahut pada mertabat Latain, DIAlah Zatul,
MUTLAK yang tidak bercerai dan tidak berkumpul, semata-mata DIA, belum
lagi bernama ALLAH, karena belum ada NUR MUHAMMAD SAW. Berkenaan dengan
ILMU Tajali Alam Lahut tidak ada Ilmu pada Nur Muhammad, hanya DIA yang
bertajali semata.
8. Martabat ITHLAQ artinya gaib yang sepenuhnya
9. Zatul BUHTI artinya zat semata-mata
10. GAHIBUL MUTLAK artinya gahib yang sepenuhnya
11. 'ZIHIN' artinya tatkala sunyi ia dari sesuatu
12. ALAM sirr artinya rahasia Allah
2. ALAM JABARUT (TAIN AWAL / wahdah / HAKIKAT MUHAMMAD / PERNYATAAN PERTAMA)
Adapun Alam Jabarut adalah di dalam martabat Tain Awal artinya
pernyataan yang pertama atau kecintaan yang pertama, maka di dalam
martabat Tain Awal itu Tuhan bernama: -
1. Wahdah
2. AGHNAGHUL MUTLAK
3. WUjud AM YA
4. WUjud DOA
5. NUR ALLAH
6. NURUL AHADIAH
7. NUR SYAKSANI
Dinamakan Asma 'Sifat Tuhan yang bernama ALLAH TAALA atau Wahdah artinya kasrah. Arti kasrah itu Huruf, Arti Huruf itu Asma.
Dinamakan HAKIKAT MUHAMMAD yaitu sifat Allah bersama zat Allah, Zat
Allah menjadi hakikatnya. Zat yang berdiri pada Zat Allah yang menjadi
hakikatnya.
Dinamakan UMMUL KITAB yaitu Ibu Kitab.
Dinamakan AN-NUN yakni bukan tinta yang di dalam tintanya segala huruf.
Rupa hakikat-hakikat segala sesuatu adalh maujud secara ijmali
Dinamakan AN-nuat artinya bijih benih yang di dalamnya terhimpun secara
umum sautu pohon bersama batang, dahan, daun-daun sebagai perbandingan
hakikat segala sesuatu.
Dinamakan NUQTHAH artinya hal yang satu, Ia adalah asal segala huruf. Ia
juga menerima dan mengandung segala huruf yang ingin disuratakan.
Juga dinamakan degan Nurullah, NURL AHADIAH, HAKIKAT ROH, ROH IZAPI,
NYAWA MUHAMAD, NYAWA ROHANI, HATI LATIFUL KALBU, TITIK IALAH BA.
Di kala Alam Jabarut itu nyatalah Nur Muhammad yang dijadikan Allah
Taala dari NUR ZAT ALLAH. Maka di kata itu ada NAFI dan Ithbat dan
berkumpul tidak bercerai.
3. Alam malakut (TAIN Tsani / WAHIDIAH / A 'YAN TSABITAH / KENYATAAN KEDUA)
Adapun alam malakut itu adalah pada mertabat Tain Sani artinya
pernyataan yang kedua, maka dinamakan Ismul ASMA 'Tuhan bernama
WAHADIAH. Dinamakan Wahadiah itu adalah Zatul AHADIAH MAUSUP SIFATUL
Wahdah.
Tatkala Tain Sani Tuhan bernama:
1. WAHIDIAH
2. ALLAH
3. RAHMAN
4. RAHIM
5. BISMILLAHIRAHMANIRAHIM
6. Zatul Ma'bud
7. LAILAHAILLAH Muhammad waktu itu di dalam a'yan SABITAH.
Dinamakan a'yan TSABITAH artinya
- Benda-benda yang ada sebelum Dari wujudnya di luar.
-Tidak ada di sana itu melainkan zatnya dan segala sifatnya yang qadim ini, yaitu yang belum keluar lagi dari kalimat "KUN"
- Ia tidak mencium bau ada sekali-kali "kai-nun" yaitu setiap adanya itu ada permanen seperti ada jua.
- Benda-benda yang ada sebelum Dari wujudnya di luar.
Dinamakan AL Kanzul MAKHFI artinya perbendaharaan yang tersembunyi
Dinamakan AL-'AMA artinya yang kelam atau gelap
Dinamakan ALAM HAKIKAT, ROHANI, NYAWA ADAM, ALAM QALBI, ALAM akhirah, ALAM INSAN BATIN, ALAM KAYANGAN
Maka jadilah ROHANI yang dinamakan nyawa Adam, nyawa kita. Maka nyawa
kita yang belum bertubuh dengan nama ROHANIUN. Maka Rohani itulah yang
mendoakan jasadnya yang menjadi ADAM, maka jadilah Adam Awal. Di kala
Tain Sani ada Nafi dan Isbat, berkumpul dan bercerai, karena itu Tuhan
jadikan ALAM ROH dari alam malakut.
Maka dari alam malakut itu turunlah: -
a. ALAM ROH
b. ALAM MISAL
c. Alam ajsam
d. ALAM INSAN
Adapun Rohani itu Afaal Muhammad, adapun Ayan Sabitah itu Asma Muhamad,
adapun Insan itu Sifat Muhammad, adapun Zatul Muqid itu Zat Muhammad.
Maka semua yang tersebut itu adalah baru. Maka dari Afaal Muhammad itu
jadilah Pohon Dunia ini, maka dunia ini, maka dunia ini untuk tempat
Roh-roh berjasad dengan lembaganya yang berupa manusia yaitu Adam. Dunia
dijadikan supaya semua Rohani-rohani (Rohaniun) yang telah ada itu,
yang di dalam Alam Roh itu agar dapat turun ke dunia dan memiliki tubuh
yang dinamakan lembaga manusia dan dengan tubuhnya itu yang dinamakan
jasad itu, dapatlah Rohani menunaikan dn tugasnya kepada Allah Taala
sebagaimana yang diikrarnya, sebagaimana yang diisyaratkan oleh Firman: -
"Apakah tidak aku ini Tuhanmu, mengatakan mereka Bala Syahiduna."
4. ALAM ROH (ARWAH / TAIN TSALASA / NUR MUHAMMAD)
Dinamakan NUR MUHAMMAD dan sekalian roh yang keluar driapanya itu yang
berkelanjutan menajdi alam eksternal yaitu dari Nur Muhammad melalui
kata "KUN" maka jadilah:
Arsyur Rahman Alam gaib lagi gaib
Arsyur Azim
Arsyur Karim Alam gaib
Al Kursi A'azam Alam Nyata
Jabal Qaf
7 lapis bumi
7 lapis langit
Segala galaksi
Bumi Kita
Dinamakan ALAM ARWAH atau ROH yakni arwah segala ambiya, mursalin dan segala mu'min
Dinamakan ASHLUL ARWAH yaitu Mazh harul atam, Jadi "Khatamun nabiyin wa syaidul mursalin wa rahmatul lil alamin"
Dinamakan ALAM SUNYI dari tergantung dengan tabiat lagi basith.
Dinamakan juga CAHAYA MUHAMMAD, ALAM NYAWA, martabat WUJUDIAH, Alama di
bawah kalimat "KUN", Pemerintah Alam Saghir dan Alam Kabir, TAIN
TSALASA, ALAM ROH, NYAWA KITA.
Adapun Alam Roh lebih dahulu dijadikan Allah dari Dunia yang fana ini.
Adapun Dunia ini adalah ibarat layar putih dan pentas ke Rohaniun itu
yang datang ke dunia menjalankan tugas dan peran masing-masing, yang
jadi seniman dengan lakunnya.
Keranan adanya Rohani, maka adanya Jawahir Basit yaitu: -
a. FUAD
b. KALBUN
c. LABBIN
d. SUDUR
e. KABAD
f. SAUDA '
g. SYIFAP
Maka semuanya itu adalah hal Roh, maka jadilah: -
a. berperang Sabil dengan nafsunya yang jahat
b. membuat Ahsan
c. melakukan Mujahidah masing-masing dengan tempat atau makamnya,
maka dengan itu maka adanya jalan nafsu itu dua yaitu: -
a. jalan nafsu yang bernama Hati Sanubari
b. jalan nafsu yang bernama Hati Nurani maka Roh-roh yang taat pada sisi
Tuhan, setelah berganti dengan nama nyawa karena ada memiliki jasad masing-masing maka
jadilah Roh itu tiga mertabat yaitu: -
a. martabat Amar Rabbi
b. martabat Hati Nurani
c. martabat Ubudiah
mana-mana Roh yang tidak taat setelah ada memiliki jasad masing-masing itu, maka jadilah tiga mertabat yaitu: -
a. Bangsa hewan
b. Dinamakan bangsa setan
c. Dinamakan bangsa hati sanubari
Maka Alam Roh itu adalah Alam Ghaib. Ia lebih adanya dari Dunia yang
luas ini, di sanalah nyawa manusia yang sebelum bertubuh telah ada.
Setelah 125 tahun Nur Muhammad itu telah ada dan semua nyawa-nyawa
manusia itu di kenal dengan nama Roh, tetapi mertabat Roh dewasa itu
seperti mertabat binatang, karena tidak menanggung tugas dan
tanggungjawab. Hanya setelah ia berjasad dan hidup di dalam dunia ini
masing-masing memiliki tugas, maka baharulah ada derajat masing-masing
di sisi Tuhan dan nyawa itu tidak lagi disebut Roh, hanya ketika jasad
itu mati ia akan berpulang menghadap Allah Taala dengan nama Roh, yaitu
diri atau Jiwa.
Dengan nama Roh ia dikenal dengan nama Rohani pulan bin pulan tertulis
kepadanya. Dengan nama jiwa ia di kenal dengan nama jiwa, misalnya: -
a. Jiwa Amarah
b. Jiwa Lawamah
c. Jiwa Sawiah
d. Jiwa Natikah
e. Jiwa Mulhammah
f. Jiwa Mutmainnah
Maka pada jiwa itulah tertulis namanya pulan bin pulan, senang atau
susah, bahagia atau celaka, menurut amal dan fielnya di dalam dunia ini
menurut penilaian 'atikad-atikadnya dan tauhidnya serta makrifatnya
kepada Tuhan yang Maha Esa.
5. ALAM MISAL
Alam segala rupa, perceraian Roh Muhammad. Alam segala warna. Alam Khayal. Alam ARDHUS SIMSIMAH, Ardhul haqiqah.
Dinamakan ALAM MISAL-MAKHLUK Roh Alui yang suci-Ruhul Qudus dan
Massa hewan - lahir maqam di jantung
Massa Mujadi - lahir di hati
Massa Nabati - lahir di hati
Massa Insani - lahir di otak.
Di dalam Alam Misal maka Roh Muhammad bercerailah dengan Roh-roh yang
lain yang berbagai nama, tetapi pada mulanya dinamakan Rohaniun
(Rohani-rohani). Maka semua Rohaniun itu berasal dari Roh Muhammad
Rasulullah SAW.
Karena itulah dasar dan dasar Ilmu Rohani wajib beriman: -
a. pada Allah Taala
b. pada Nabi Muhammad SAW
c. pada hari kiamat yang akan datang
jika tidak berpegang pada dasar yang tiga itu, bukanlah spiritual dari
orang-orang mukmin atau orang-orang Islam. Roh Muhammad itulah jadi Roh
seseorang, yang jadi nyawa seseorang, yang jadi hati seseorang, tetapi
ia telah bercerai di dalam mertabat Alam Misal. Segala roh-roh itu
adalah jadi kata bidalan "Ulat lupakan daun". Nyawa-nyawa manusia yang
bukan alim dalam Ilmu Ketuhanan, hanya Firman jalan nafsu yang bernama
Hati Sanubari dengan syahwatnya dan jiwa raga yang memandang lahir alam
ini semata-mata
ibarat sesuatu yang telah tersusun dari bagian-bagian, tetapi masih bersifat halus, tidak dapat dipisah-pisahkan.
Alam Misal adalah tingkat kelima dalam proses pentajallian Empunya Diri
dalam menyatakan rahasia diriNya untuk di tanggung oleh manusia. Untuk
menyatakan dirinya Allah SWT, terus menyatakan diriNya melalui diri
rahasianya dengan lebih nyata dengan membawa diri rahasianya untuk di
kandung pula oleh bapak yaitu dinamakan Alam Mithal.Untuk menjelaskan
lagi Alam Mithal ini adalah dimana unsur rohani yaitu diri rahasia Allah
belum menyatu dengan tubuh materi. Alam Mithal jenis ini di alam
malakut. Ia merupakan transisi dari alam Arwah (alam Roh) menuju ke alam
Nasut maka itu dinamakan ia Alam Mithal di mana proses peryataan ini,
perwujudan Allah pada martabat ini belum lahir, tetapi Nyata dalam tidak
Nyata.Diri rahasia Allah pada martabat Wujud Allah ini mulai di
tajallikan ke ubun-ubun bapa, yaitu perpindahan dari alam roh ke alam
Bapa (Mithal).
Alam Mithal ini terkandung ia di dalam "Walam yakullahu" dalam surat
Al-Ikhlas yaitu dalam kondisi tidak bisa di bagaikan. Dan seterusnya
menjadi "DI", "Wadi", "Mani" yang kemudian di salurkan ke satu tempat
yang berafiliasi di antara diri rahasia batin (ruh) dengan diri kasar
Hakiki di dalam tempat yang disebut rahim ibu. Maka terbentuklah apa
yang di katakan "Maknikam" ketika terjadi bersetubuhan diantara
laki-laki dengan perempuan (Ibu dan Bapak)Perlu diingat tubuh rahasia
pada masa ini tetap hidup sebagaimana awalnya tetapi di dalam kondisi
rupa yang elok dan tidak binasa dan belum lagi lahir. Dan ia tetap hidup
tidak mengenal ia akan mati.
6. Alam ajsam (NASUT / a'yan FARIJAH / alam Mulki)
Dinamakan alam Mulki artinya barang yang tersedia dengan mata kepala.
Dinamakan ALAM Kharijah ATAU ALAM FARIJAH yakni:
- Roh Rihan yaitu roh keluar masuk
- Semangat yaitu roh keluar tanpa masuk, jadi hilang akal
- Nafsu - berkehendak pada makan, minum, kemuliaan, kemashuran, sanjunga
- Roh Jasmani - bekehndak kepada seksual
- Hati - keran alim dan inayah
- Panas matahari - merasa sakit pedih, panas ke tubuh
Dinamakan juga ALAM JASMANI, ALAM SEGALA TUBUH, ALAM NAFS, ALAM 'jamad',
'nabat', 'hewani', 'Insani', 'Jin', ALAM NABI ADAM, AWAL BAPA MANUSIA,
Dinamakan Alam Tanah, Air, Api Angin (anasi r 4 istimewa di sisi Allah)
yaitu diajadikan dari tanah Nurani, Air nurani, Api Nurul Azam, Angin
Nurani.
Dinamaka ALAM MILADUTHALASA yaitu ALAM Maadan (alam galaksi, Alam Nabati (alam Tumbuhan), Alam hewani (alam binatang)
Maka hati yang bernama Roh itu telah jadi beberapa-bilang nama karena
menurut berapa banyaknya jumlah manusia dan hewan yang dilahirkan di
dunia ini dengan nama:
a. Hati sanubari
b. jantung sanubari dan itulah hati yang tabie, alami kepada makhluk.
Setiap makhluk yang ingin menjadikan Dirinya pada derajat sebenar-benar Insan yaitu: -
a. Insan Rabbubiah
b. Insan Mausup
c. Insan Ubudiah
Pada merekalah yang tersebut itu mempelajari Ilmu Tasaup dan Ilmu
Tasawwuf yang sebenarnya, dari Tasaup Islam dan dari guru-guru yang
Mursyid.
Kata pepatah: "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari". Kalau
guru-guru yang bukan Mursyid itu akibatnya tidak mendapat Hidayah dan
Taufik. maka jadilah hati itu beberapa nama dan beberapa sifat, tetapi
tidak beberapa di Zat.
7. ALAM INSAN
Dinamakan ALAM martabat INSAN KAMIL. ALAM martabat JAMI
Dinamakan ALAM HIMPUNAN SEGALA ALAM yakni:
- AHADIAH (Ya nurani yang qadim)
- ARWAH (Hadits)
- Wahdah DARI WAHIDIAH (Tajjali akhir)
Adapun Alam Insan itu, perhimpunan pada segala martabat. Pada sisi Allah martabat Insan itu tiga hal: -
a. martabat manusia Rabbubiah, yaitu Insan Khusus Ul Khusus
b. martabat manusia Mausup, yaitu Insan Kamil Wa Mukamil
c. martabat Insan Ubudiah, yaitu Insan Kamil Mukamil
Maka jadilah martabat Alam Insan itu pernceraian manusia yang Kamil,
karena awalnya dulu ia kamil di sisi Allah, di dalam Alam Ghaib, sesudah
ujud Alam Insan, maka manusia itu sudah tidak kamil karena
masing-masing membawa haluan untuk hidup di dalam dunia ini, menurut apa
yang diperoleh oleh panca indera yang lima. Karena itulah Insan, di
dalam ajaran Ilmiah yang mengatasi Sains yang dinamakan Rohani,
Ilmu Tasaup terbagi sebagai berikut: -
a. dinamakan Insan (Rahasia Allah)
b. dinamakan Insan Kamil
c. dinamakan Insan Kamil dan Mukamil
d. dinamakan Insan Mukamil
e. dinamakan Insan Sawaan
f. dinamakan Insan Sawaatun
g. dinamakan Insan Batin
h. dinamakan Insan Zahir
i. dinamakan Insan Mutaiz
j. dinamakan Insan Ghaib
k. dinamakan Insan Nakus (Insan Hewan)
l. dinamakan Insan Syaitani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar