Ti Wikipédia, énsiklopédia bébas
Sahadat buhun atawa sadat buhun nyaéta istilah pikeun nyebut kalimah sakral anu
diyakinan minangka bagian tina tartib hirup budaya Sunda wiwitan.
Tapi aya ogé anu nyebutna minangka sahadat Baduy, lantaran sahadat ini réa
dipaké ku urang Baduy nu ngagem ajaran Sunda wiwitan.
Para Sastrawan Sunda
menggolongkan Sahadat ini kedalam kelompok Ajimantra ataupuisi mantra, yang
berasal dari dua daerah, yakni Ajimantra Baduy Banten dan Ajimantra Priangan.
Pengertian Sahadat Buhun berbeda dengan maksud Sahadat(Syahadat) yang dimaksud
dalam agaman Islam. Didalam kamus bahasa Indonesia Sahadat (Syahadat) berarti
(1) pengakuan kesaksian (2) pengakuan atau kesaksian iman-islam sebagai rukun
yang pertama.
Didalam Wikipedia
edisi Bahasa Sunda disebutkan, bahwa Sahadat mangrupakeun pernyataan kayakinan
Islam. Dina basa Arab, hartina nyaksénan atawa méré kasaksian. Sahadat
mangrupakeun pernyataan kapercayaan kana tunggalna Gusti (Allah dina basa Arab)
sartayén Nabi Muhammad minangka utusan pangahirna. Perbedaan antara Sahadat di
dalam agama Islam dengan Sahadat Buhun diakui pula oleh penganut agama Sunda Wiwitan.Sepertiketerangan
Ayah Mursid,tokoh masyarakat Cibeo :
Sahadat menurut ajaran
Sunda Wiwitan diartikan sebagai rangkaian kalimat berisi do’ado’a atau
jampe-jampe yang disampaikan kepada Sang Pencipta Alam sesuai dengan kebutuhan,
kegiatan atau masalah yang dihadapi, dan diucapkan tidak sembarangan
adakramanya” (Saatnya Baduy Bicara, Hal. 90, Asep Kurnia dkk –2010).
Dari pendifinisian
yang diberikan Ayah Mursid diatas, tentunya memiliki konsekwensi, bahwa
jampe-jampe yang memenuhi syarat sebagaimana sahadat dapat dikatagorikan
sebagai sahadat dalam pengertian Jampe,bukan dalam pemahaman sahadatdalam
pengertian islam. demikian pula dari syariatnya, menurut Ayah Mursid ,
bahwa : Dalam keyakinan Sunda Wiwitan kami tidak kebagian perintah shalat
seperti saudara-saudara sebab Wiwitan Adam tugasnya memelihara keseimbangan
alam, tidak memiliki kitab suci karena ajarannya bersatu dengan alam, maka
agama Sunda Wiwitan hanya diperuntukan bagi masyarakat Baduy”. Krama dari
pengucapan sahadat dimaksud dilakukan sesuai waktu dan kegunaannya. Misalnya
jika hendak menanam Padi, agar terhindar dari hama dan dapat menghasilkan padi
yang lebih baik,maka mereka membacakan sahadat Sri. Karena yang diyakini
menjaga dan mengurus pertanianadalah Dewi Sri, maka mereka menitipkan kepada
Dewi Sri.Sedangkan untuk perkawinan membacakan sahadat khusus untuk perkawinan.
Istilah dalam Sahadat
Mencari naskah atau keterangan asli tentang Sahadat diatas dari sumber asli
Baduy atau para penganut Sunda Wiwitan lainnya agak sulit ditemukan, bahkan
menurut Ekajat (2005),: “Kesulitan menemukan keterangan tentang Sunda Wiwitan
akibat tertutupnya para penganut agama dimaksud. Namunmenurut alasan dari Ayah
Mursid,: “harus tepat penggunaannya dan diucapkan tidak sembarangan, karena ada
kramanya”. Sangat masuk akal jika krama peng gunaan sahadat ini ngawengku
pengetahuan orang luar untuk mengetahui sahadat ini. Dalam kenyataannya banyak
teks-teks sahadat dengan judul yang sama digunakan oleh masyarakat Baduy, namun
berbeda dengan teks yang digunakan Urang Baduy.Perbedaanbahasa didalam sahadat
ini sudah banyak diulas oleh para sastrawan Sunda, seperti Wahyu Wibisana
(2000) bahkan mengkatagorikan sahadatkedalam dua wilayah, sesuai dengan
asalnya, yakni ajimantra Baduy dan Banten, serta ajimantra Priangan.
Ajimantra ti
Baduy
Ajimantra dari daerah
Baduy dan Banten, sebagai berikut : Pohaci Sanghiyang Asri,Ulah gederulah
reuwas,Ja kami rek nitipkan,Titip ka nu boga bumi,Tema ka nu boga desa. (Pohaci
Sanghiyang Asri,Jangan kaget,kami hendak menitipkan,titip kepada pemilik
bumi,juga kepada yang mpunya desa). Sedangkan contoh dari daerah Priangan,
sebagai berikut : Asyhadu syahadat Sunda, zama alloh ngan sorangan.
Kaduana Gusti Rasul, katilu Nabi Muhammad,Kaopatumat Muhammad. Nu cicingdi bumi
angaricing. Nu Calik dina alam keueung. Ngacacang di alam mokaha. Salamet umat
Muhammad. (Asyhadu Syahadat Sunda, Zama allah hanya satu. Keduanya para Rasul.
Ketiga Nabi Muhammad. Keempat umat Muhammad. Yang tinggal di Bumi yang ramai.
Yang duduk di alam takut. Menjelajah alam nafsu. Selamat umat Muhammad).
Perbedaan dari Sahadat
tersebutsangat lugas, siapapun akan mengetahui mana yang lebih buhun. Hal ini bisa
terjadi akibat pengaruh perkembangan jaman dan penggunaan istilah- istilahyang
merupakan eufimisme dari yang disebutkan dalam sahadat tersebut, bahkan orang
Baduy menggunakan hal yang sama untuk menerangkannya kepada orang lain,
sekalipun dalam bacaan bathinnya masih tetep menggunakan bahasa awalnya.
Penggunaan
bahasa,seperti untukmenyebutkan nama Batara Cikal digantikan dengan sebutan
Adam Tunggal, atau menyisipkan kata Slam (maksudnya Islam) kedalam istilah
Sunda Wiwitan.Mungkinpulaciri khas dari keyakinan Sunda Wiwitan yang di
katagorikan Sinkretis, sangat terbuka untuk menerima pengaruh agama manapun
secara terbuka, bahkanada yang menafsirkan sebagai adaptifnya keyakinan urang
Sunda baheula. Untuk memperkuat dan menggambarkan penafsiran dimaksud,dapat
disimak keterangan Ayah Mursid, sebagai berikut : Agama nu di agem ku
masyarakatBaduy, ngarana Agama Slam Sunda kabagean parentah shalat seperti
dulur- dulur sabab wiwitanAdam tugasna memelihara kasaimbangan ieu alam, teu
ngabogaan kitabna da ajaran neurap jeung alam. Makana agama Slam Sunda Wiwitan
ngan ukur keur Baduy. (agama yang diyakini orang Baduy namanya agama Slam Sunda
awal. Nabinya Adam Tunggal. Dalam keyakinan Sunda awal, kami tidak kebagian
perintah shalat seperti saudara-saudarasebab Wiwitan Adam tugasnya memelihara
keseimbangan alam, tidak memilikikitab suci karena ajarannya bersatu dengan
alam, makanya agama Slam Sunda Wiwitan hanyadiper-untukan bagi masyarakat
Baduy).
Urang Baduy saat ini
nampaknya menggunakan bahasa-bahasa yang digunakan masyarakat Sunda beragama
Islam, tanpa merubah substansi dari keyakinannya sendiri. Mungkin pula untuk
menghindari benturan yang tidak ada manfaatnya, karena mereka merasa yakin,
bahwa tugasnya di bumi ini adalahuntuk menjaga keseimbangan (harmoni) alam.Urang
Baduy menyadari adanya desakan yang timbul dari perubahan jaman. Kesadaran
demikian diakui oleh Ayah Mursid : “Kami ti jauhna keneh geus waspada
jeung sadar, yen zaman pasti rubah, tantangan keur masyarakat adat mingkin dieu
mingkin beurat, ti berbagai sudutperkampungan perbatasan geus teu katadah ku
kamajuan hirup, tapi kami tetep teguh patuh keurngalaksanakeun amanat wiwitan
jeung kami tetep yakin Baduy tetep ayem tentrem nu penting ulah ngaganggu jeung
diganggu jeung ulah ngarugikeun komo deuidirugikeun. Kami siap kerja sama jeung
sasaha oge wae tapi nu aya mangpaatna kana kahirupan balarea, kami mah patuh
kana hukum jeung kahayang alam nu diciptakeun kunu maha kawasa. (Sejak awal
kami sudah waspada dan menyadari bahwa zaman pasti berubah, tantangan buat
masyarakat adat semakin hari semakin berat, dari berbagai perkampungan
perbatasan sudahtidak terbendung lagi ada kemajuan pola dan gaya hidup tetapi
kami tetap teguh patuh untuk melaksanakan amanat wiwitan dan kami meyakini
bahwabaduy aman tentrem, yang penting jangan mengganggu ataudiganggu dan jangan
merugikan apalagi dirugikan. Kami siap bekerja sama dengan siapa saja, tetapi
yang ada manfaatnya bagikeselamatan hidup semua manusia, kami tetap akan patuh
mengikuti hukum dan kehendak alam yang sudah diciptakan oleh Yang maha Kuasa”.
Penggunaan
istilah-istilahseperti asyhadu, allahuma, bismillah didalam Sahadat buhun
sering pula kita temukan. Mungkin saja ini terjadi sebagai adaptasi bahasa atau
digunakan oleh parapecinta budaya sunda yang sudahberagama di luar Sunda
Wiwitan namun masih merasa nyaman menggunakan Sahadat Buhun.
Jenis sahadat
buhun
Sahadat dari daerah
Baduy yang pokok tidak kurang dari 20. Sahadat-sahadatdimaksud, antara
lainsebagai berikut :
1.
Sahadat Pernikahan (Shadat Wiwitan,
Sahadat Tunggal, Sahadat Samping, Sahadat Batin, Sahadat Kangjeng Nabi
Muhammad) ;
2.
Sahadat Bawa ;
3.
Sahadat Sunda ;
4.
Sahadat Iman ;
5.
Sahadat Bali ;
6.
Sahadat mesir ;
7.
Sahadat Banten ;
8.
Sahadat Santen ;
9.
Sahadat Sri ;
10. Sahadat Imam Mahdi ;
11. Shadat Umur ;
12. Sahadat Rahayu ;
13. Sahadat Rasa ;
14. Sahadat Pamuka alam ;
15. Sahadat Suson ;
16. Sahadat Bumi Alam.
Sebagai mana uraian
diatas, penggunaan sahadat Baduy disesuaikan dengan maksud dan keperluannya.
Dalam upacara perkawinan, pembacaan sahadat dibacakan oleh Puun dari kedua
belah pihak sejak acara seserahan atau seserenan.Jenis sahadat yang digunakan
adalah
Sahadat Wiwitan ;
Sahadat
Tunggal ; Sahadat
Samping ; Sahadat Batin dan sebagai pelengkap dibacakan pula Sahadat
Kangjeng Nabi Muhammad. Perkawinan untuk masyarakat Baduy tidak ada perceraian.
Dalam istilah sekarangcerai karena mati.
Salah satu cara untuk
memperkuat keyakinan tersebut, serta upaya agar perkawinan langgeng maka
dibacakan Sahadat Bathin. Selainsahadatdari Masyarakat Baduy,
diPrianganterdapat ju ga beberapa jenis. Menurut Wahyu Wibisana (2010), antara
lain sebagai berikut :
1.
Sahadat Islam ;
Sadat islam
aya dua,
Ngisalmkeun
badan kalawan nyawa,
Dat hurip
tanggal iman,
Ngimankeun
badan sakujur,
Hudang subuh
banyu wulu
Parentah
kanjeng Gusti,
Nabi Adam
pangnyampurnakeun badan awaking.
Sir suci,
Sir Adam,
Sir
Muhammad,
Muhammad
jala lalana
Nu aya di
saluhuring alam.
2.
Sahadat Sunda ;
Ashadu
sahadat Sunda
Sapapada
jeung pandita
Neang indung
nu kabduhu
Neang Bapa
Hidayyatullah
Nu mayungan
sajagat,
Neangan
Pangeran Kudratullah
Laillahhailloh
Muhammad Rasullah
3.
Sahadat jawa ;
Apa pengot surat
Raden Angga Keling
Pangeran
Angga Warulang
Ratu suluk
ajitullah
Pengaersa sa
Nusa Jawa
Puputrane
Ulis Akin
Kajayak
ngarurug Pajajaran
Tanggal ping
opat welas
Nukila di
kalimati sahadati
Isun weruh
umat Allah dikang Selam
4.
Sahadat Bawa ;
Ashadu
Sahadat Bawa,
Iman jati
lulungguhan pulo nyawa,
Roh nyawa
intening hurip,
Hurip ieu
keuna ku gingsir
Langgeng teu
keuna ku owah,
Lailahileloh
Muhamad Rasulullah
5. Sahadat Taraju ;
Ashadu
sahadat taraju
Idin imatan
warohmatan
Walidatan,
wasiratan,
Titikaptan
minha yah u
Ya Allah, ya
Rasulullah.
6.
Sahadat Sayang ;
Ashadu
sahadat sayang,
Kuriling ka
bale suci
Cat mancet
ka jagat mulya,
Tetesen
ditetes ku Allah
Ya hu, ya
Allah, ya Rasulullah
7.
Sahadat Sari ;
Ashadu
sahadat sari,
Gegedah
wadah humenggang,
Ngebur-ngebur
lain ratu,
Ngebyar-ngebar
cahyaning pangeran,
Payung tilu
nungku-nungku,
Payung emas
lingga jati,
Kakayon
sabar darana,
Teteras
sekar cendana.
8.
Sahadat Adam ;
Ashadu
Sahadat Adam,
Sah Adam,
Ashadu nur
putih alip tunggal,
Iman eling
ka mulya kang kadim,
Lailahailaleloh
Muhammad Rasululah.
9.
Sahadat Barjah ;
Ashadu
sahadat barjah,
Enggon Allah
sapatemon,
Sang Mutiara
Putih calik di iman,
Patala artu
miski aja ningratullah,
Titpan
gedong kencana,
Nama Allah
Rasulullah,
Lailaha
ilaloh.
10. Sahadat Hayun ;
Asahadu
sahadat hayun,
Hayun-hayun
hurip kang hurip,
Cicipta
Gusti Kang waras,
Cicipta
Allah cipta rosa kang kawasa,
Ceg badan
wujuding Allah Rasulullah
Nanya badan,
ceg badan wujuding manusa.
11. Sahadat Siluman ;
Heuah balung
nangtung tulang
Tulang
muntang. Colok rasa ku buana,
Deg kimili
rasa,
Aing nyaho
ratu sia,
Anak sia
ratu Siti,
Ambu sia
ratu neluh ti Galunggung,
Bapa sia
pangulu jin.
12. Sahadat Mustakarayun ;
Asahadu
mustakarayunan
Sahadat
permana tunggal,
Selam lahir,
selam bathin,
Selam
pinarengin kersa,
Sing waspada
kanu ngayuga bumi alam
Aya nu
saurang, aya nu sorangan,
Aing waspada
kepada Allah,
Allah
waspada ka kaula.
Tenget
gemereng-ereng,
Raraga gemet
ruhiat,
Terusning
Allah terusning rasa
Pani-pani
langgeng tetep,
Langgeng
agama Islam.
13. Sahadat Ganda.
Ashadu ganda
ingsun,
Turun saking
sawarega,
Ningal ganda
ningsunan sampurna,
Ganda
ningsunan handiri,
Kamar langit
karaton.
Teks Sahadat Buhun
Sahadat menurut ajaranorang Baduy diartikan sebagai rang- kaian kalimat berisi
doa– doaatau jampe-jampe yang disampaikan kepada Sang Pencipta Alam sesuai
dengan kebutuhan, kegiatan atau masalah yang dihadapi, diucapkantidak
sembarangan dan ada kramanya. Jika mencermati keterangan diatas tentu sangat
sulit menemukan teks Sahadat Buhun yang asli, mengingat tabu di ucapkan
sembarangan. Dalam realitas sosial, sahadat Buhun dengan judul teks sebagaimana
yang ada di kalangan masyarakat Baduy ataupenganut Sunda Wiwitan di luar Baduy
banyak ditemukan dikalangan masyarakat maupun sastrawan. Namun telah mengalami
trans-formasi makna dan bahasanya, dengan menyelipkan bahasa-bahasa ageman
baru. Padahal, untuk kepentingan Sastra atau Ilmiah, tak perlu ada
pengkoreksian ataupenyesuaianbahasa, karena dapat merubah originalitas dari
kandungan dan maksud Sahadat Buhun itu sendiri. Suatu contoh yang dikemukakan
oleh Abdul Rojak didalam bukunya:‘Teologi KebatinanSunda’(2005) menjelaskan,
bahwa : “Orang Kanekes Baduy Dalam (Cikeusik, Cikertawana dan Cibeo)juga
mengenal istilah syahadat, yang disebut Syahadat Sunda”. Sahadat tersebut
tentunya dengan mencantumkan kalimat dari bahasa keyakinan yang
telahdisesuaikan. Dalam kesempatan lainnya, Asep Kurnia (2010), menjelaskan
sanggahan secara halus dari orang Baduy mengenai teks Sahadat yang beredar
diluarBaduy. Dalam hal ini ada benarnya, bahwa sahadat yang beredar di luar
masyarakat Baduy Kanekes bukanlah SahadatBuhun atau Sahadat Baduy, melaikan
Sahadat Buhun yang telah mengalami transformasi daribahasa ajaran yang dipakai
para pemeluk ajaranSunda Wiwitan di luar Baduy atau para Sastrawan. Sedangkan
masyarakat Baduy dan penganutSunda Wiwitan masih menggunakan bahasa aslinya,
bahasa bathin yang memiliki makna khusus dalam hubungannyadengan Yang Maha
Keresa, TuhanYang Esa dan alam dimana merekahidup. Teks-teks Sahadat dimaksud,
sebagaimana dimuat dalamSastra Lagu: Mencari Larak dan Lirik, Wahyu Wibasana,
Dalam Lima AbadSastra Sunda - 2000, sebagai berikut: Sahadat Sunda Asyhadu
syahadat Sunda, zama alloh ngan sorangan. Kaduana Gusti Rasul, katilu Nabi
Muhammad,Kaopatumat Muhammad. Nu cicingdi bumi anggaricing. Nu Calik dina alam
keueung. Ngacacang di alam mokaha. Salamet umat Muhammad. (Asyhadu Syahadat
Sunda, ZamanAllah hanya satu. Keduanyapara Rasul. Ketiga Nabi Muhammad. Keempat
umat Muhammad. Yang tinggal di Bumi yang ramai. Yang duduk di alam takut.
Men-jelajah alam nafsu. Selamat umat Muhammad). Sadat Islam Sadat islam aya
dua,/ Ngislamkeun badan kalawan nyawa,Dat hurip tanggal iman,Ngimankeunbadan
saku- jur,Hudangsubuh banyu wulu/ Parentah kangjeng Gusti, Nabi Adam pang
nyampurnakeun badan awaking.Sir suci,Sir Adam,Sir Muhammad,Muhammad Jakalalana
Nu aya di saluhuring alam. (Sadat Islam ada duamengislamkanbadan serta
nyawa.Dat hurip tanggal imanmengimankanseluruh tubuh,/ bangun subuh dan
berwudlu.Perintah dari Tuhan,NabiAdam sempurnakanlah badan kuSir Suci,Sir
Adam,Sir Muhammad,Muhammad Jakalalana,Yangberada diatas alam). Sahadat Jawa Apa
pengot surat Raden Angga Keling/Pangeran Angga Warulang/Ratu suluk ajitullah/
Pengersa saNusa Jawa/ PuputraneUlis Akin/Kajayak ngarurug Pajajaran/Tanggal
ping opat welas/Nukila dikalimati sahadati/Isun weruh umat Allah dikang
Selamat. Sahadat Bawa Ashadu Sahadat Bawa,/Iman jati lulungguhan pulo
nyawa,/Roh nyawa intening hurip,/Hurip ieu keuna ku gingsir/Langgeng teu keuna
ku owah,/Lailahaileloh Muhamad Rasulullah Sahadat Taraju Ashadu sahadat
taraju/Idin imatan warohmatan/Walidatan, wasiratan,/Titikaptan minha yahu/Ya
Allah, ya Rasulullah. Sahadat Sayang Ashadu sahadat sayang,/Kuriling ka bale
suci/Cat mancet ka jagatmulya,/Tetesen ditetes ku Allah/Ya hu, ya Allah, ya
Rasulullah. Sahadat sari Ashadu sahadat sari,/Gegedah wadah humenggang,/Ngebur-
ngebur lain ratu,/Ngebyar- ngebarcahyaning pangeran,/ Payung tilu nungku-nungku,/
Payung emas lingga jati,/ Kakayonsabar darana,/-Teteras sekar cendana. Sahadat
Adam Ashadu Sahadat Adam/Sah Adam/Ashadu nurputih aliptunggal/ Iman eling
kamulya kangkadim,/ Lailahaileloh Muhammad Rasululah. Sahadat Barjah Ashadu
sahadat barjah,/Enggon Allah sapatemon,/Sang Mutiara Putih calik di
iman,/Patala artu miski aja ningratullah,/Titpan ge- dong kencana,/Nama Allah
Rasulullah,/Lailaha ilaloh. Sahadat Hayun Asahadu sahadat hayun,/Hayun- hayun
hurip kang hurip,/Cicipta Gusti Kang waras,/Cicipta Allah cipta rosa kang
kawasa,/Ceg badan wujuding Allah Rasulullah/ Nanya badan, ceg badan
wujudingmanusa. Sahadat Siluman Heuah balung nangtung tulang/ Tulang muntang.
Colok rasa ku buana/Deg kimili rasa/Aingnyaho ratu sia/Anak sia ratu Siti,/Ambu
sia ratu neluh ti Galunggung,/ Bapa sia pangulu jin. Sahadat Mustaka rayunan
Asahadu mustaka rayunan/ Sahadat permana tunggal,/ Selamlahir, selam
bathin,/Selam pinarengin kersa,/Sing waspada kanu ngayuga bumi alam/Aya
nusaurang, aya nu sorangan,/ Aingwaspada kepada Allah,/Allah waspada ka
kaula./Tenget gemereng-ereng,/Raraga gemetruhiat,/Terusning Allah terusning
rasa/Pani-pani langgengtetep,/Langgeng agama Islam. Sahadat Ganda Ashadu ganda
ingsun,/Turun saking sawarega,/Ningal ganda ningsunan sampurna,/Ganda ningsunan
handiri,/Kamar langit karaton. Cag heula, mangga urang korehan deui (***)
Sumber Rujukan
·
SASTRA LAGU : Mencari Larak dan
Lirik, Wahyu Wibasana, Dalam Lima Abad Sastra Sunda, Geger Sunten, 2000.
·
Saatnya Baduy Bicara : Asep Kurnia,
dkk (2010).
·
http://edwardbaesuki.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar