Kembang sungsang dinang kunang Kotak kurawis wayang Lindu nira bumi bengkah Adam adam babu hawa Siskang danur wilis Ingkang ngagelaraken cahya nur cahya Anwas anwar ngagelaraken Malih kang danur citra Nurcahya nursari nurjati Dangiang wayang wayanganipun Semar sana ya danar guling Basa sem pangangken-angken Mareng ngemaraken Dat Kang Maha Tunggal Wayang agung wineja wayang tunggal Wayang tunggal

Kamis, 10 Desember 2015

PANDUAN PELAKSANAAN TADABBUR QUR’AN

Oleh Fadhil ZA
 Al Qur’an adalah obat bagi berbagai penyakit yang ada didalam hati dan fikiran manusia. Al-Qur’an  merupakan rahmat bagi orang ber-Iman. Allah menyatakan ini dalam surat Al Israak ayat 82 :
 Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang lalim selain kerugian. (Al Israak 82)
Dewasa ini banyak orang yang membaca Al-Qur’an namun belum merasakan manfaat Al-Qur’an sebagai obat, rahmat, cahaya yang menerangi, dan memberi kemuliaan kepada para pembacanya. Al-Qur’an yang dibaca hanya sekedar suara yang keluar dari tenggorokan, terdengar indah ditelinga dan berlalu begitu saja tanpa meninggalkan bekas dihati dan fikiran. Hal ini terjadi karena mereka tidak mengerti bahasa Al-Qur’an (Arab) yang mereka dengarkan, sehingga mereka tidak mampu menangkap pesan yang terkandung dan dibawakan oleh ayat Qur’an tersebut.
Ada ribuan bahasa didunia ini , setiap suku, kaum dan bangsa mempunyai bahasa sendiri. Allah telah memilih bahasa Arab dari ribuan bahasa yang ada di dunia ini untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat manusia . Al-Qur’an boleh saja diturunkan dalam bahasa Arab’namun isi pesan yang terkandung di dalamnya bisa diterjemahkan kedalam berbagai bahasa didunia ini, sehingga umat manusia bisa menerima dan memahami pesan yang terkandung di dalam Al-Qur’an tersebut. Al Qur’an tidak ditujukan khusus bagi bangsa Arab, tapi ditujukan untuk seluruh umat manusia di dunia ini, yang memiliki bahasa bermacam ragam. Agar dapat dimengerti oleh suku, kaum dan bangsa lain selain bangsa Arab, Al Qur’an harus diterjemahkan kedalam bahasa kaum tersebut. Hal ini diingatkan Allah dalam surat Ibrahim ayat 4.:
 Kami  tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan  bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka  Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana. (Ibrahim 4)
Tadabbur  Qur’an adalah salah satu cara atau metode yang dilakukan untuk menangkap isi pesan yang terkandung didalam Al-Qur’an bagi orang atau bangsa yang tidak mengerti bahasa Arab. Pada pelaksanaan tadabbur Qur’an yang diutamakan adalah pengertian dan pemahaman setiap ayat yang dibaca dan didengar secara mendalam, bukan banyaknya jumlah ayat yang dibaca. Setiap ayat harus dibaca dengan tartil,syahdu, perlahan dan jelas, kemudian diterjemahkan kedalam bahasa kaum yang mendengar dengan intonasi dan tekanan suara khusuk dan khidmat sesuai kaidah bahasa kaum yang bersangkutan. Setiap bahasa mempunyai nilai seni, dan keindahan sendiri. Sampaikanlah kandungan Al Qur’an sesuai dengan seni dan keindahan bahasa kaum yang bersangkutan.
Selanjutnya ayat tersebut ditadabburi dengan menganti kata Allah dan  Dia  sebagai sebutan bagi Allah dengan Engkau . Sebutan   kamu dan  engkau yang ditujukan kepada kita diganti  dengan kami atau hamba. Sehingga terjalin hubungan yang sangat dekat antara peserta tadabbur dengan Tuhannya (Allah). Sebagai contoh surat Al-A’raaf ayat 10 :
Sesungguhnya KAMI telah menempatkan KAMU sekalian di muka bumi dan KAMI adakan BAGIMU di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah KAMU bersyukur. (Al-A’raaf 10)

Tadabburnya sebagai berikut:
Ya Allah…telah KAU sampaikan kepada KAMI  dalam Qur’an MU yang Agung , bahwa ENGKAU telah menempatkan KAMI dimuka bumi ini, dan menjadikan bagi KAMI  berbagai sumber kehidupan. Namun sedikit sekali diantara KAMI yang mensyukurinya. Ya Allah ….segala puji bagi MU yang telah menempatkan KAMI dibumi ini, yang telah memenuhi semua hajat dan kebutuhan KAMI, segala puji bagi Mu yang telah menjadikan bagi KAMI Gedung gedung yang tinggi, rumah2 yang kokoh, Jalan2 yang luas, kendaran2 yang mengangkut KAMI didarat, laut dan udara, dan berbagai fasilitas yang memanjakan KAMI dibumi ini.  Ya Allah segala puji bagi MU yang telah menjadikan matahari bersinar terang bagi kami, segala puji bagiMU  yang telah menjadikan siang dan malam, segala puji bagiMU yang telah menumbuhkan berbagai tumbu2an dan biji2an untuk makanan kami…………….dan seterusnya
Ya Allah ampuni kami yang selama ini telah melupakanMu, ampuni kami yang tidak pernah berterima kasih pada Mu, ampuni kami atas kebodohan, kesilapan, dan kelalaian kami selam ini. Tolong kami untuk mensyukuri semua nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami. Ampuni kami ya Allah……….dst . Silahkan dikembangkan sesuai suasana hati masing masing
Insya Allah jika dibaca dengan sungguh-sungguh seolah olah sedang berhadapan langsung dengan Allah Tuhan sekalian alam yang maha tinggi, kalimat tersebut akan menggetarkan hati, menggoncangkan seluruh tubuh. Ketika itu  ego kita menjadi NOL dihadapan Allah, inilah keadaan seseorang sangat dekat dengan Khaliknya.
Tingkatan orang yang mentadabburi Qur’an
 Orang yang mendengar atau melaksanakan tadabbur Qur’an umumnya akan terbagi menjadi  4 kelompok.
 Kelompok 1:
Mereka yang hatinya terbuka dibawah 25 %, bahkan biasanya kurang dari 10 %.  Hati mereka kurang tersentuh ketika medengar lantunan ayat Qur’an dan tadabburnya. Kadang kala mereka masih bisa tertawa dan mengobrol dengan teman dikiri kanannya.  Mereka ini lah yang ditegur oleh Allah dalam surat An Najm ayat 59-62
 59- Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? 60- Dan kamu menertawakan dan tidak menangis? 61- Sedang kamu melengahkan (nya)? 62- Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).               (An Najm 59-62)

Kelompok 2 :
Mereka yang hatinya terbuka lebih dari 25%, hatinya khusuk dan tersentuh ketika mendengar lantunan ayat suci Al Qur’an dan bacaan tadabburnya. Merekalah orang yang berusaha memperhatikan Al Qur’an sebagaimana disebutkan dalam surat Al A’raaf  204


204-  Dan apabila dibacakan Al Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. ( Al A’raaf 204)
                                  
 Kelompok 3:
Mereka yang hatinya terbuka lebih dari 50 % , hatinya bergetar ketika mendengar lantunan ayat suci dan bacaan tadabbur. Dada mereka bergemuruh karena takutnya  dan harap pada Allah. Merekalah orang yang dimaksukan Allah dengan firmanNya dalam suraty Al Anfal ayat 2

2- Sesungguhnya  orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila  disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhan-lah mereka bertawakal, (Al Anfal 2)

Kelompok 4:
Mereka yang hatinya terbuka lebih dari 75 %, yaitu mereka yang hatinya bergetar hebat  karena takut dan harap pada Allah.  Timbul dorongan untuk menangis yang amat kuat. Adakalahnya mereka tersungkur sujud  sambil menangis. Kelompok ini mudah dikenal diantara peserta tadabbur. Mereka tidak bisa menyembunyikan perasaannyaterhadap peserta yang lain.  Tangis mereka adakalanya menimbulkkan imbas yang kuat pada peserta tadabbur lainnya.  Mereka itulah orang yang dimaksud Allah dalam firmanNy dalam surat Maryam 58:

58- Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israel, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (Maryam 58)


Diluar ke empat kelompok ini ada kelompok ke 5     yaitu mereka yang hatinya tertutup sebagaimana disebutkan Allah dalam surat  Kahfi ayat 57, sebagai berikut dibawah ini :

 

“57- Dan siapakah yang lebih lalim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat dari Tuhannya lalu dia berpaling daripadanya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya Kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendati pun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya “,(Kahfi 57)

Naudzubillah jangan sampai ada diantara kita yang masuk kelompok ini. Mereka adalah orang yang telah tertutup hatinya dari memahami Al-Qur’an.     .
 
CONTOH TADABBUR QUR’AN

Bacaan ayat Qur’an oleh Syekh Musyari Rasyid
Terjemahan Qur’an dan tadabburnya dibaca secara puitis dan penuh penghayatan . Jika terjemahan dan bacaan tadabbur dibaca dengan sungguh sungguh dapat menggetarkan hati orang yang membaca dan mendengarkanya.
Silahkan di down load bacaan tadabbur ini , dengarkan berulang ulang insya Allah dapat menjadi obat dan penyejuk bagi hati anda serta meningkatkan iman dan keyakinan anda pada Allah dan kehidupan akhirat.

  1. SURAT AL A’RAAF AYAT 179
179- Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (AL A’RAAF 179)

Bacaan tadabbur
Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung, bahwa Engkau telah menjadikan bagi neraka jahannam kebanyakan dari  Jin dan Manusia karena mereka mempunyai hati namun tidak digunakannya untuk memahami ayat ayatMu. Mereka mempunyai mata namun tidak digunakannya untuk melaihat tanda tanda kebesaraMu. Mereka mempunyai telinga namun tidak digunakannya untuk mendengarkan firman firmanMu. Mereka itu bagai binatang ternak , bahkan lebih sesat dari itu. Mereka itulah orang orang yang lalai.
Ya Allah kami mohon padaMu, jangan kau jadikan kami sebagai penghuni neraka jahannam ya Allah. Bukakan hati kami untuk memahami firmanMU, bukakan hati kami untuk memahami Qur’anMU. Bukakan hati kami untuk menerima hidayah dan petunjukMu.  Beri kami kemampuan untuk melihat tanda kebesaranMu dilangit dan bumi.Jangan kau butakan mata kami dari melihat tanda tanda kebesaranMu yang ada dilangit dan Bumi.  Tolong kami untuk mencintai mendengarkan Qur’anMu.Tolong kami untuk mencintai mendengarkan nasihat nasihatMu. Jangan kau tulikan telinga kami mendengarkan firmanMu ya Allah.  Jangan Kau jadikan kami seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat dari itu. Jangan kau jadikan kami termasuk orang-orang  yang lalai. Perkenankanlah  permohonan kami ini ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang menerima do’a


  1. FATHIR AYAT 2-3

2- Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorang pun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.3- Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)? (FATHIR 2-3)
                                
Bacaan tadabbur
Ya Allah telah kau ingatkan pada kami dalam qur’anMu yang agung,bahwa apa saja rahmat yang Kau bukakan bagi manusia , tidak ada seorangpun yang dapat mencegahnya, dan apa saja yang Kau tahan dari manusia maka tidak ada seorangpun yang bisa memberikannya selain Engkau. Sesungguhnya Engkau maha Perkasa dan Maha bijaksana.
Dan telah kau ingatkan pula kepada kami agar kami selalu ingat dengan berbagai nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami. Adakah pencipta selain Engkau yang dapat memberi kami rezeki dari langit dan Bumi, ya Allah tidak ada Tuhan yang berhak disembah  selain Engkau, tidak sepatutnya kami berpaling dari Mu.
Ya Allah , apa saja rahmat yang Engkau bukakan bagi kami , tidak ada seorangpun yang dapat mencegahnya. Bukakan bagi kami pintu rahmat dari langit dan bumiMu, bukakan bagi kami pintu rahmat dari segala penjuru yang Engkau berkahi. Jangan kau tahan rahmatMu dari kami ya Allah, jika Engkau tahan rahmatMu dari kami , tidak ada yang bisa membukakannya selain Engkau ya Allah. Ampuni kami ya Allah, jangan Kau tutup pintu rahmat dari kami ya Allah, perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah
Ya Allah tolong kami untuk selalu ingat dengan berbagai nikmat yang telah Engkau limpahkan pada kami. Tolong kami untuk mensyukuri semua nikmat yang telah engkau berikan pada kami. Ya Allah tidak ada Tuhan yang dapat memberi kami rezeki dari langit dan bumi selain Engkau, Engkaulah Tuhan kami, hanya engkaulah yang kami sembah . Ya Allah jangan kau palingkan hati kami dari mengingat dan menyembahMu. Teguhkan iman dan keyakinan kami padaMu, perkenankalah permohonan kami ini ya Allah.

  1. AL FATH AYAT 1-4


1-    Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu  kemenangan yang nyata,2- supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus,3- dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak).4- Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah  tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, (AL FATH 1-4)

Bacaan tadabbur

Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung, bahwa Engkau telah memberikan kepada kami kemenangan yang nyata . Agar Engkau mengampuni dosa kami yang telah lalu dan yang akan datang, serta menyempurnakan nikmat Mu bagi kami dan memimpin kami kepada jalan yang lurus serta menolong kami dengan pertolongan yang kuat. Ya Allah Engkaulah yang menurunkan ketenangan kedalam hati kami agar bertambah keimanan kami beserta keimanan yang telah ada. Kepunyaan Engkaulah tentara langit dan bumi dan Engkau maha mengetahui serta maha bijaksana.
Ya Allah kami mohon padaMu bukakan bagi kami jalan menuju sukses dan kemenangan. Kami mohon padaMu apa yang telah kau janjikan bagi kami , ampuni dosa kami yang telah lalu dan yang akan datang, yang kami ketahui maupun tidak kami ketahui. Tambahkan bagi kami kenikmatan yang banyak dari sisiMu. Tunjuki kami jalan yang lurus , jalan yang penuh dengan rahmat dan berkahMu. Tolong kami mengatasi berbagai masalah yang kami hadapi, tolong kami dengan pertolongan yang kuat dari sisiMu.. Beri kami ketenangan dan kenyamanan dari sisiMu,  bebaskan kami dari rasa cemas, gelisah, dan tertekan. Hilangkan kegundahan, kesedihan, dan kekecewaan dari dalam hati kami . Tolong kami dengan tentaraMu ya Allah, tentara langit dan bumi. Perkenankalah permohonan kami ini ya Allah, Engkau maha mengetahui keadaan kami, dan Engkau maha kuat untuk melaksanakan kehendakMu.


  1. AN NUR 55-56 
55- Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. 56- Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.(AN NUR 55-56)

Bacaan tadabbur
Ya Allah telah kau sampaikan kepada kami dalam Qur’anMu yang agung, bahwa Engkau telah berjanji kepada orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh diantara kami , bahwa engkau akan menjadikan kami berkuasa dibumi ini sebagaimana Engkau telah menjadikan orang sebelum kami berkuasa. Dan engkau akan meneguhkan agama yang Engkau ridhoi bagi kami , dan Engkau benar benar akan menukar keadaan kami sesudah berada dalam keadaan ketakutan menjadi aman sentosa. Agar kami tetap menyembahMu dan tidak mempersekutukan Engkau dengan suatu apapun. Barang siapa yang kafir sesudah itu mereka itulah orang yang fasik. Agar kami tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan taat pada rasulMu serta mendapat rahmat dari sisiMu.
Ya Allah teguhkan iman dan keyakinan kami padaMu, tetapkan hatio kami mengerjakan amal soleh yang Engkau ridhoi. Jadikan kami berkuasa dibumi ini sebagaimana Engkau telah menjadikan orang sebelum kami berkuasa . Teguhkan bagi kami agama yang engkau ridhoi dari sisiMu, tukar ketakutan kami dengan rasa aman nyaman dan tentram dari sisiMu. Tetapkan hati kami untuk menyembahMu dan tidak mempersekutukan Engkau dengan sesuatu apapun. Jangan kau palingkan hati kami dari menyembahMu, jangan kau masukan kami kedalam golongan orang yang fasik. Tetapkan hati kami untuk mengerjakan sholat, menunaikan zakat dan patuh pada rasulMu, limpahkan rahmat dan berkahMu bagi kami, perkenankanlah  permohonan kami iniya Allah.

  1. AL ANKABUT 2-3

2- Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? 3- Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.   

Bacaan Tadabbur
Ya Allah telah kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung. Bahwa Engkau tidak akan membiarkan kami  begitu saja mengatakan kami  telah beriman sedangkan Engkau belum menguji kami sebagaimana yang telah Engkau berikan pada orang sebelum kami. Ya Allah sesungguhnya Engkau telah menguji orang sebelum kami dengan berbagai ujian dan cobaan , hingga jelas bagiMu siapa yang benar imannya dan siapa yang dusta
Ya Allah sesungguhnya kami telah menyatakan bahwa kami beriman padaMu dan engkau pasti akan menguji kami atas kebenaran ucapan kami ini. Ya Allah jika kau datangkan pada kami ujian dan cobaan dari sisiMu, jangan kau uji kami dengan beban berat yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri kami kekuatan dan kesabaran mengatasi berbagai ujian dan cobaan yang datang  dari sisiMu. Tolong kami dengan kekuatan dan pertolongan dari sisiMu.  Teguhkan Iman dan keyakinan kami padaMu, jangan kau goncangkan hati kami atas berbagai fitnah, kesulitan , musibah dan bencana yang menimpa kami.
Tolong kamim mengatasi berbagai masalah yang datang menghadang dihadapan kami, tolong kami dengan tentaraMu yang ada dilangit dan bumi, tolong kami dengan kekuatan dari sisiMu.
Kami tidak mempunyai penolong dan pelindung selain Engkau ya Allah. Engkaulah pelindung dan penolong kami, perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah, Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan do’a


  1. YASIN AYAT 51-54



51- Dan  ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. 52- Mereka berkata: “Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?” Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya). 53- Tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan saja, maka tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. 54- Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikit pun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan. (yasin 51-54)
 Bacaan Tadabbur
 catatan: Bacaan tadabbur ini tidak sama percis dengan mp3 diatas , tadabbur mp3 diatas  dibaca secara spontan tanpa naskah. Anda bisa juga membaca sesuai naskah berikut dibawah ini
Ya Allah telah kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang Agung, bahwa tatkala  sangkakala ditiup , tiba tiba kami semua akan  bangkit dari kubur kami menuju kepadaMu. Dan orang yang kafir akan berseru :” Aduhai celakanya kami, siapakah yang membangkitkan kami dari tidur yang lelap ini?” Inilah hari yang dijanjikan oleh Tuhan yang Pemurah dan benarlah para Rasul. Hanya dengan satu teriakan saja maka tiba tiba kami semua berkumpul dihadapanmu, untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah kami lakukan selama hidup didunia. Pada hari itu kami tidak dirugikan sedikitpun, kami hanya dibalasi dengan apa yang telah kami kerjakan selama hidup didunia ini.
 Ya Allah jika datang saat yang kau janjikan itu, ketika sangkakala ditiup, dan kami keluar dari kubur kami dengan keadaan yang bermacam macam. Jangan Kau bangkitkan kami dari kubur kami dalam keadaan hina dina,dan bentuk yang tidak menentu. Kami mohon padaMu bangkitkan kami dengan mendapatkan keridhoaan dan kemuliaan dari sisiMu.
 Jangan kau hadirkan kami dihadapanMu dengan memikul beban dosa yang menggunung, jangan kau hadirkan kami dengan wajah hitam legam dan bentuk yang tidak menentu. Jangan kau hadirkan kami dengan  buku catatan amal kami dipenuhi dengan berbagai dosa dan kemaksiatan kami. 
 Hadirkan kami dihadapanMu dengan wajah putih berseri dan buku catatan amal yang dipenuhi dengan berbagai amal kebajikan kami. Hadirkan kami dihadapamu dengan ucapan salam penghormatan dari Mu dan para malaikat disekelilingMu.
 Ya Allah dihari itu kami tidak kau balasi melainkan dengan apa yang telah kami kerjakan selama hidup didunia. Tolong kami untuk mengerjakan amal soleh yang kau ridhoi, jauhkan kami dari perbuatan dosa dan maksiat yang Engkau murkai. Ampuni semua dosa kami ya Allah, hapuskan semua catatan keburukan kami ya Allah. Jangan kau hinakan kami dihari itu ya Allah, dihari yang tidak berguna harta dan anak anak. Perkenankanlah permpohonan kami ini ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan do’a

  1. AL INSYIQAQ 6-13


   6- Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan  menemui-Nya. 7- Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, 8- maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, 9- dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. 10- Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang, 11- maka dia akan berteriak: “Celakalah aku”.12- Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). 13- Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir). (AL INSYIQOQ 6-13)

Bacaan tadabbur
Ya Allah telah kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung,bahwa kami harus bekerja keras dengan sungguh sunguh menuju padaMu, hingga kami menjumpaiMu. Dan telah Kau ingatkan pula kepada kami bahwa barang siapa yang menerima buku catatan amalnya dari arah kanan maka mereka akan dihisab dengan hisab yang mudah, dan mereka akan kembali kepada keluarganya dengan wajah berseri seri. Dan telah Kau ingatkan pula kepada kami ,barang siapa yang menerima buku catatan amal dari arah belakang maka ia akan berseru:” aduhai celakanya aku”, dan mereka akan dihalau memasuki api neraka yang panas membakar. Mereka ketika hidup didunia dahulu bermewah mewah ditengah keluarga mereka.
 Ya Allah tolong kami menyadari peringatanMu ini , tolong kami untuk bersungguh sunguh berjuang, bekerja keras ,  menuju padaMu, hingga kami berjumpa dengan Mu pada hari kami dikumpulkan kelak  pada hari berbangkit. Ya Allah ketika Kau sampaikan buku catatan amal kami kelak, jangan Kau sampaikan buku catatan amal kami dari arah belakang, jangan kau perlihatkan kepada kami buku catatan amal kami yang dipenuhi dengan dosa , keburukan dan kemaksiatan kami. Jangan Kau halau kami memasuki api nerakaMu yang panas membakar. Kami tidak sanggup menahan azab siksaMu ya Allah, kami tak sanggup menahan panasnya nerakaMu ya Allah.
Datangkan buku catatan amal kami dari arah kanan, perlihatkan pada kami buku catatan amal kami yang dipenuhi dengan amal kebaikan kami  ya Allah. Hisab kami dengan hisab yang mudah ya Allah kembalikan kami pada keluarga kami dengan wajah berseri penuh kegembiraan.
  Maafkan kami ya Allah, jika selama ini kami telah melupakanMu, maafkan kami ya Allah jika selama ini kami hanya memperturutkan hawa nafsu kami, bermewah mewah dengan harta pemberianMu. Ampuni semua dosa dan kesalahan kami ya Allah. Hapuskan semua dosa dan catatan  keburukan kami ya Allah. Tolong kami mencintai mengerjakan amal soleh yang kau ridhoi, penuhi buku catatan amal kami dengan segala kebajikan  dan kebaikan yang kami lakukan. Datangkan buku catatan amal kami kelak dari arah kanan, hisab kami dengan hisab yang mudah . Jangan Kau datangkan buku catatan amal kami dari arah belakang, jangan Kau halau kami memasuki api nerakaMu yang panas membakar. Perkenankan permohonan kami ini ya Allah, Engkaulah yang memperkenankan do’a orang yang memohon padaMu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar