Kembang sungsang dinang kunang Kotak kurawis wayang Lindu nira bumi bengkah Adam adam babu hawa Siskang danur wilis Ingkang ngagelaraken cahya nur cahya Anwas anwar ngagelaraken Malih kang danur citra Nurcahya nursari nurjati Dangiang wayang wayanganipun Semar sana ya danar guling Basa sem pangangken-angken Mareng ngemaraken Dat Kang Maha Tunggal Wayang agung wineja wayang tunggal Wayang tunggal

Senin, 18 April 2016

Lambang Militer NKRI-2

Logo Batalyon Kavaleri (yonkav ) 11 / Serbu - Aceh Besar



Request logo by Novi Alim Murdani
Batalyon Kavaleri 11/Serbu Kodam Iskandar Muda adalah sebuah pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berkedudukan di Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Asrama baru bagi 650 prajurit TNI dari Yonkav 11/Serbu telah dibuat dan diresmikan oleh Pangdam Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Supiadin A. S. pada tanggal 23 Agustus 2007 di Gampong Teurebeh, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Perwira yang diberi kepercayaan untuk melaksanakan pembentukan Batalyon Kavaleri pertama pada bulan Mei 2006 di wilayah Kodam Iskandar Muda adalah Letkol Kav. Bambang Lisdianto, Alumni Akmil tahun 1989,Beserta perwira pertama yg diantaranya : 1.Kapt Kav Syaripuddin 2.Kapt Kav Rendra siagian 3.Lettu Kav Hendry napitupulu 4.Lettu Kav Muhammad Fuad 5.Lettu Kav Widianto 6.Lettu Kav Suprapto S.ag 7.Lettu Kav Adi Priatna 8.Lettu Kav Saifullah ST 9.Letda Kav Nugraha Yudha P. 10.Letda Kav Aidil Hajri 11.Letda Kav Maryoto 12.Kapten Kav Nasution

Tugas dan tanggung jawab strategis batalyon ini adalah melaksanakan PAM VVIP dan VIP serta mengamankan obyek vital nasional di Aceh. Diperkuat dengan kendaraan lapis baja sebagai alutsista, guna mendukung pencapaian tugas pokok Kodam Iskandar Muda yang salah satunya adalah pengamanan wilayah dan kedaulatan NKRI di provinsi Aceh.

Pada rumah diresmikan, selain ditempati 650 prajurit, sejumlah kenderaan tempur berupa tank dan panser juga ditempatkan di markas baru tersebut. Sebelumnya, pasukan Batalyon Kavaleri 11/Serbu ini bermarkas di sekitar Gedung Olah Raga (GOR), kawasan Pante Pirak, Kota Banda Aceh.
Artikel dikutip dari Wikipedia

Logo Batalyon Kavaleri ( Yonkav ) 7 Panser Khusus - Pragosa Satya


Request Logo by Novi Alim Murdani
Batalyon Kavaleri 7/Panser Khusus Kodam Jaya adalah sebuah pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang didirikan tanggal 23 Juli 1962 dengan komandan pertama Mayor Kav G. A. Manulang. Kekuatannya terdiri dari 4 kompi yaitu kompi 71, 72, 73 dan 74. Batalyon ini sering juga disebut Batalyon Kavaleri Pragosa Satya yang berarti mempunyai kesetiaan yang tinggi.

Ranpur yang digunakan adalah V-150 meriam, V-150 intai, V-150 angkut personel, V-150 Komando dan VAB buatan Prancis. Disini pula Kepala BIN Letjen TNI Marciano Norman pertama bertugas. Semboyan Yonkav-7/Panser Khusus adalah PRAGOSA SATYA. Batalyon ini persenjataannya khusus menggunakan Panser. Tugasnya adalah mengamankan ibu kota negara.

Logo Batalyon Kavaleri ( Yonkav ) 1 / Badak Ceta Cakti Divisi Infanteri 1 / Kostrad


Request Logo by Novi Alim Murdani
Batalyon Kavaleri 1/Badak Ceta Cakti Divisi Infanteri 1/Kostrad adalah sebuah pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dibentuk pada 18 April 1950 dan bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur.

Batalyon ini memiliki tiga kompi tank, ditambah satu kompi markas. Setiap kompi tank terdapat 3 peleton tank, dan setiap peletonnya memiliki 3 tank Scorpion dan 1 stormer APC. Untuk satu Tank Scorpion diawaki oleh tiga orang personel terdiri dari pengemudi, penembak kanon dan komandan kendaraan. Senjata utamanya kanon 90 mm. Selain itu pula Batalyon ini juga dilengkapi dengan kendaraan pengangkut, yakni truk yang mampu mengangkut tank untuk keperluan efisiensi atau perpindahan administrasi. Jumlahnya sekitar 6 buah, masing-masing mampu menggandeng dua buah Tank. Kedepannya Batalyon Kavaleri 1 akan diperbaharui dengan mendapatkan 42 unit Leopard 2 Revolution.

Operasi yang pernah dilakukan
Sejak dibentuk, Yonkav 1/Badak Ceta Cakti ini sudah memiliki berbagai pengalaman. Tahun l961/l962 batalyon ini ikut berperan dalam operasi menghadapi pemberontakan DI/TII di Jawa Barat. Pada tahun l963, Detasemen Krida Cakti Yonkav 1 Caduad ikut serta beroperasi membebaskan Irian Barat, saat itu dipimpin Letkol Kav. Sukarto. Dan tahun l965, batalyon ini ikut pula beroperasi menghadapi pemberontakan yang dilakukan oleh PKI dalam terutama di Jakarta dan Jawa Barat. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, antara l975 hingga l981, Yonkav ini memperoleh tugas negara dalam operasi Seroja di Timor Timur. Sedangkan dalam tugas-tugas internasional, Batalyon ini tercatat pula pernah mengirimkan sejumlah personelnya dalam operasi perdamaian PBB seperti di Kamboja , Bosnia dan Lebanon thn 2007-2009.

Artikel dikutip dari Wikipedia

Logo Resimen Bantuan Tempur ( Menbanpur ) 2 Marinir- Cilandak


Request logo by Novi Alim Murdani
Berikut adalah lambang / Logo dari Resimen Bantuan Tempur ( Menbanpur ) 2 Marinir, dengan Motto Manggala Bhakti Yudha

Logo Badan Reserse Kriminal Polri ( Bareskrim ) - Sidik Sakti Indera Waspada


Badan Reserse Kriminal Polri (disingkat Bareskrim Polri) adalah sebuah unsur pelaksana utama Kepolisian Negara Republik Indonesia pada tingkat Markas Besar dipimpin oleh Kepala Bareskrim Polri (Kabareskrim Polri) yang bertanggung jawab di bawah Kapolri. Bareskrim bertugas membantu Kapolri dalam membina dan menyelenggarakan fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, pengawasan dan pengendalian penyidikan, penyelenggaraan identifikasi, laboratorium forensik dalam rangka penegakan hukum serta pengelolaan informasi kriminal nasional. Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri saat ini dijabat oleh Komjen. Pol. Suhardi Alius. dan Wakil Kepala (Wakabareskrim) dijabat oleh Irjen. Pol. Anas Yusuf.
Dahulu bernama Korps Reserse Polri.

Struktur Organisasi

Bareskrim Polri terdiri dari:
  • Unsur Pimpinan
    • Kepala Bareskrim (Kabareskrim)
    • Wakil Kepala Bareskrim (Wakabareskrim)
  • Unsur Pembantu Pimpinan dan Pelaksana Staf
    • Biro Pembinaan dan Operasional (Robinopsnal)
    • Biro Perencanaan dan Administrasi (Rorenmin)
    • Biro Pengawasan Penyidikan (Rowassidik)
  • Unsur Pelaksanaan Staf Khusus/Teknis
    • Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor)
    • Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Pusinafis) asalnya Pusident
    • Biro Koordinasi dan Pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Rokorwas PPNS)
  • Unsur Pelaksana Utama Direktorat Bareskrim Polri (Ditbareskrim Polri), terdiri dari 5 Direktorat :
    • Direktorat Tipidum, menangani tindak pidana terhadap keamanan Negara dan tindak pidana umum.
    • Direktorat Tipideksus, menangani tindak pidana dalam bidang ekonomi dan keuangan / perbankan serta kejahatan khusus lainnya.
    • Direktorat Tipidkor, menangani tindak pidana korupsi, kolusi, dan nepotisme.
    • Direktorat Tipidnarkoba, menangani tindak pidana narkoba.
    • Direktorat Tipidter, menangani tindak pidana tertentu yang tidak ditangani oleh Dit I sampai dengan Dit IV.
 Artikel dikutip dari Wikipedia

Lambang Pataka Komando Daerah Militer ( Kodam ) XVI / Pattimura - Ambon


Request Logo by Novi Alim Murdani 
Komando Daerah Militer XVI/Pattimura merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Satuan

Tingkat Komando Satuan Pelaksana Kodam XVI/Pattimura
  1. Korem 151 - Binaya (Ambon)
  2. Korem 152 - Baabullah (Ternate)
  3. Zidam XVI/Pattimura
  4. Paldam XVI/Pattimura
  5. Hubdam XVI/Pattimura
  6. Bekangdam XVI/Pattimura
  7. Infolahtadam XVI/Pattimura
Satuan militer dibawah komando Kodam XVI/Pattimura meliputi
  1. Batalyon Infanteri 733/Raider
  2. Batalyon Infanteri 731/Kabaresi
  3. Batalyon Infanteri 732/Banau
  4. Batalyon Infanteri 734/Lor Labay
  5. Detasemen Kavaleri 5/Birgus Latro Cakti
  6. Detasemen Zeni Tempur 5/Chakti Mandra Guna
Sumber kutipan Artikel : Wikipedia

Logo Komando Pendidikan Marinir ( Kodikmar ) - Jala Mandala Cakti


Request logo by Novi Alim Murdani
Komando Pendidikan Marinir atau Kodikmar adalah lembaga pendidikan pencetak prajurit-prajurit petarung Korps Marinir, Melaksanakan Pendidikan Lanjutan Perwira Marinir, Pendidikan Infanteri Marinir, Pendidikan Artileri Marinir, Pendidikan Kavaleri Marinir, Pendidikan Bantuan Tempur Marinir, serta melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin operasi amfibi tingkat taktik dan operasi pertahanan pantai, serta mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan Pusdik-pusdik di lingkungan Kodikmar Kobangdikal, membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya.

Logo Skadron 21 / Sena ( Serba Guna) - Pondok Cabe, Jakarta

 
Request Logo by Novi Alim Murdani
  • Skadron 21/Sena (Serba Guna) (Pondok Cabe, Jakarta)
Skadron 21/Sena merupakan campuran antara helikopter dan pesawat sayap tetap. Kini Puspenerbad memiliki 15 helikopter NBO-105CB yang diproduksi oleh IPTN atas lisensi MBB, Jerman. Sebagai helikopter serang, NBO-105 dipersenjatai empat senapan mesin FN Herstal MO.32 kaliber 7,62 mm standard NATO yang ditempatkan dalam dua TMP (Twin Machine Gun Pods) atau dua senapan mesin FN Herstal M.3P kaliber 12,7 mm NATO dalam tiga HMP (Heavy Machine Gun Pods). NBO-105 juga dipersenjatai dengan FFAR (Folding Fins Air Rockets) jenis T.905 kaliber 2,75 inc NATO dalam dua MLRS (Multi-Launch Rocket System) masing-masing dengan 13 tabung peluncur. Tiga jenis hulu ledak yang digunakan ialah FZ-21 untuk anti personal, FZ-58 untuk anti tank dan FZ-32 untuk marking jika NBO-105 dioperasikan sebagai FAC (Forward Air Control) untuk memandu pesawat tempur yang sedang memberikan bantuan tembakan udara.

Logo Pusat Pendidikan Wanita Angkatan Udara ( Pusdik Wara )


Request Logo By Novi Alim Murdani  
Berikut adalah lambang / Logo Pusat Pendidikan Wanita Angkatan Udara ( Pusdik Wara )

Logo Skadron Pendidikan ( Skadit ) 101 - Vidya Bhakti Sura Akaca

 
Request Logo by Novi Alim Murdani
Kedudukan
Skadron Pendidikan 101 disingkat Skadik 101 adalah unsur pelaksana pendidikan Wingdik Terbang dan berkedudukan langsung di bawah  Danwingdik Terbang.
Tugas
Skadik 101 adalah pelaksana Wngdik Terbang yang bertugas melaksanakan pendidikan penerbangan latih dasar, sekolah navigator, dan aptitute test calon siswa sekolah penerbang.
Fungsi
Dalam pelaksanaan tugas tersebut,  Skadik 101 menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
1.    Melaksanakan operasi pendidikan sekolah penerbang dan navigator.
2.    Melaksanakan kurikulum/silabus dan mengadakan koordinasi dengan kelompok tenaga pendidik, untuk  pengarahan dan penyiapan persiapan mengajar (lesson plan).
3.    Mengawasi, mengendalikan, dan mengevaluasi pelaksanaan operasi pendidikan guna menjamin pencapaian sasaran kegiatan secara berhasil dan berdaya guna.
ORGANISASI
Organisasi Skadron Pendidikan 101 disusun sebagai berikut:
1.   Eselon Pemimpin:  Komandan Skadron Pendidikan 101, disingkat Danskadik 101.
2.   Eselon Pelayanan:
>> a.    Urusan Tata Usaha, disingkat Urtu.
>> b.    UrusanDalam, disingkat Urdal.
3.   Eselon Staf Pelaksana:
>> a.    Seksi Operasi, disingkat Siops.
>> b.    Seksi pemeliharaan, disingkat Sihar.
>> c.     Seksi Lambangja, disingkat Silambangja.
>> d.    Kelompok Instruktur, disingkat Pokinst.
>> e.    Kesehatan, disingkat Kes.
5.   Eselon Satuan Pelaksana:
>> a.    FlightA, B dan C, disingkat FtightA, B dan C.
>> b.   Flight pemeliharaan, disingkat Flighthar.

Logo Resimen Artileri Medan ( Men Armed ) 2 /Divisi Infanteri 1/Kostrad


Request Logo By Novi Alim Murdani
Resimen Artileri Medan 2/Sthira Yudha disingkat Resimen Armed 2/Divif 1/Kostrad adalah salah satu satuan dibawah komando Divisi Infanteri 1/Kostrad,TNI-AD. Resimen Armed 2/Divif 1/Kostrad bermarkas di Sadang, Purwakarta, Jawa Barat. Secara struktual Resimen Artileri Medan 2/Sthira Yudha membawahi 3 Batalyon Armed dan 1 Baterai Markas dengan dislokasi tersebar di Jawa Barat yaitu :
  1. Yon Armed 9/76 Tarik/Pasopati
  2. Yon Armed 10/76 Tarik/Brajamusti
  3. Yon Armed 13/76 Tarik/Nanggala
  4. Logo / Lambang Kopaska

    Logo Pusat Pendidikan Artileri Medan ( Pusdik Armed ) - Viyata Anika Satrya Bhumi

     
    Request Logo by Novi Alim Murdani
    Satuan Artileri pada Awal Pembentukan. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, yaitu dengan lahirnya Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat (TKR), Tentara Republik Indonesia (TRI), kemudian menjadi TNI seperti sekarang. Lahirnya Korps Artileri TNI AD. armed34Pada tgl 4 Desember 1945 Letnan Jendral Urip Sumohardjo meresmikan berdirinya Markas Artileri yang bertugas membina Satuan-satuan Artileri Indonesia dengan komandan yang pertama adalah Letnan Kolonel R.M Pratikno Suryosumarno. Markas Artileri tersebut merupakan bagian dari jawatan persenjataan Markas Besar Tentara (MBT) yang berkedudukan di Yogyakarta, peresmiannya bersamaan dengan tgl kelahiran Artileri Internasional pada tgl 4 Desember 1945. Tgl 4 Desember itulah yang menjadi hari jadi Korps Artileri TNI AD yang kemudian seiring dengan perkembangan selanjutnya ditetapkan menjadi hari jadi Korps Armed TNI AD.

    Sumber kutipan Artikel : pusdikarmed.mil.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar